Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Meningkaktan Kemampuan Kerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru

Amir Humaidi Pohan, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Meningkaktan Kemampuan Kerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Amir Humaidi Pohan, 2021 :Penerapan Model Pembelajaran Quick On The Draw Untuk Meningkaktan Kemampuan Kerjasama Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kerjasama siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahuan sosial malalui model pembelajaran Quick on the Draw di Kelas IV MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kerjasama siswa diantaranya kurang berpartisipasi dalam mengerjakan tugas kelompok, siswa kurang bertanggung jawab dalam bekerja kelompok dengan materi yang disampaikan oleh guru, siswa kurang berpartisipasi dengan teman kelompoknya sehingga kurangnya kerjasama siswa antar kelompok terkait materi yang di ajarkan dan kurang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang guru dan 35 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Quick on the Draw dan kemampuan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan kemampuan kerjasama siswa sebelum tindakan hanya mencapai 56, 22% dengan kategori kurang dengan ketuntasan klasikal 25%. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I kemampuan kerjasama siswa meningkat dengan rata-rata rata 61, 63% dengan kategori kurang dan ketuntasan klasikal 46,42%. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan kerjasama siswa meningkat dengan rata-rata 83, 16%dengan kategori baik dan ketuntasan klasikal 82,14%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quick on the Draw dapat meningkatkan kemampaun kerjasama siswa pada muatan pelajaran ilmu pengetahun sosial di kelas IV MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Kata Kunci : Model Quick on the Draw, Kemampuan Kerjasama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jan 2022 03:24
Last Modified: 20 Jan 2022 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57383

Actions (login required)

View Item View Item