PELAKSANAAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN OLEH GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 JNRAMBAH KEBUPATEN ROKAN HULU

Tarmizi, (2014) PELAKSANAAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN OLEH GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 JNRAMBAH KEBUPATEN ROKAN HULU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (66kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Pendidikan, melalui berbagai pendekatakan, harus menjadi media untuk memberikan dasar bagi pembentukan, peningkatan, pemantapan dan pematangan kepribadian anak didik. Semua komponen dalam kegiatan pendidikan baik guru, orang tua, dan masyarakat bahkan sesama peserta didik harus diarahkan bagi tercapainya tujuan ini. Di dalam dunia pendidikan, guru dituntut untuk mengajar secara profesional agar kegiatan pembelajaran yang ia jalankan memberikan hasil secara maksimal. Oleh sebab itu guru dituntut mampu melaksanakan pembelajaran dengan baik. Dengan adanya RPP, pembelajaran yang diajarkan oleh guru akan terarah, sebab jika guru tersebut membuat RPP tentu dia telah membaca dan mempersiapkan tehnik-tehnik dari bahasan yang akan ia sampaikan di depan kelas. Dengan demikian, pembelajaran yang ia laksanakan akan efektif dan efesien. Untuk melihat lebih jauh bagaimana sebetulnya kemampuan guru dalam pelaksanaan standar proses pembelajaran, maka peneliti mengadakan penelitian yang berjudul: “Pelaksanaan Standar Proses Pembelajaran oleh Guru di Madrasah Aliyah 1 Rambah Kebupaten Rokan Hulu” Adapun rumusan masalah untuk dijawab dalam penelitian ini adalah: bagaimana Pelaksanaan Standar Proses Pembelajaran oleh Guru di Madrasah Aliyah 1 Rambah Kebupaten Rokan Hulu? Populasi dalam penelitian ini adalah guru bidang studi pendidikan agama Islam yang berjumlah 8 orang. Karena jumlah populasi yang sekidikit yaitu tidak sampai 100, maka peneliti tidak menarik sampel. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obeservasi dan wawancara. Adapun teknik analisa data, peneliti menggunakan teknik diskriptif kualitiaf . Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu: Pelaksanaan Standar Proses Pembelajaran oleh Guru di Madrasah Aliyah 1 Rambah Kebupaten Rokan Hulu tergolong cukup. Artinya guru yang mengajar di Madrasah ini cukup memenuhi indikator pelaksanaan Standar Proses Pembelajaran yaitu memeriksa kesiapan siswa, melakukan kegiatan apersepsi, penguasaan materi pelajaran, menyampaikan materi dengan jelas sesuai dengan hirarki belajar, mengaitkan materi dengan realitas kehidupan, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi, melaksanakan pembelajaran secara runtut, melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan, menggunakan media secara efektif dan efisien, menghasilkan pesan yang menarik, menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar, melakukan penilian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan), baik, dan benar, menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai, melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa, melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan atau kegiatan. Namun yang kurang terpenuhi oleh guru adalah mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, penguasaan kelas, melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual, melibatkan siswa dalam pemamfaatan media, menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa, memantau kemajuan belajar selama proses, menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 15 Jul 2016 01:59
Last Modified: 15 Jul 2016 01:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5736

Actions (login required)

View Item View Item