Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA PENERAPAN PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DAN TECHNIQUE OF OPERATING REVIEW (Studi Kasus : PT Mitra Bumi)

NOFRIZALDI, - (2021) ANALISA PENERAPAN PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DAN TECHNIQUE OF OPERATING REVIEW (Studi Kasus : PT Mitra Bumi). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TA KECUALI BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV DAN V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ANALISA PENERAPAN PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS DAN TECHNIQUE OF OPERATING REVIEW (Studi Kasus : PT. Mitra Bumi) NOFRIZALDI 11750215265 Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR Soebrantas No.155 Pekanbaru nofrizaldi52@gmail.com ABSTRAK PT Mitra Bumi merupakan salah satu pabrik kelapa sawit yang mengolah tandan buah segar (TBS) yang kemudian diolah menjadi CPO (Crude Palm Oil) yang beralamat di Bangkinang. Selama proses produksi berlangsung, terdapat kasus kecelakaan kerja yang mengakibatkan karyawan cuti bekerja. Berdasarkan data historis kecelakaan kerja pada tahun 2018-2020 di PT Mitra Bumi, terdapat tingginya kecelakaan kerja selama 3 tahun sebanyak 39 kasus kecelakaan kerja. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, dilakukan analisa menghitung risk Priority Number setiap kecelakaan kerja dengan menggunakan metode Failure Mode And Effect Analysis. Adapun metode ini digunakan untuk mencari prioritas risiko kecelakaan yang tetinggi. Berdasarkan Risk Priority Number terdapat 3 kecelakaan kerja yang tertinggi yaitu Luka bakar dengan nilai sebesar 136.12 pada stasiun Boiler, Terjatuh dari ketinggian dengan nilai sebesar 91 pada stasiun Kernel, Luka bakar dengan nilai sebesar 72 pada stasiun Klarifikasi. Teknik sampel yang digunakan untuk 3 prioritas risiko kecelakaan tertinggi diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan Technique Of Operating Review, terdapat penyebab kecelakaan dari 3 manajemen, yaitu Direksi peyebabnya ialah program K3 yang dilakukan oleh PT Mitra Bumi kurang berjalan dengan maksimal karena kurangnya pelatihan K3 bagi pekerja dan belum adanya penjadwalan pelatihan K3 untuk operator dan karyawan. Dari Supervisor penyebabnya ialah kurangnya pengawasan terhadap pekerja dilapangan tentang keselamatan kerja, serta dari pekerja penyebabnya ialah pekerja kurang berhati-hati dalam bekerja sehingga tidak memperhatikan halhal yang mendukung terjadinya kecelakaan dan pekerja tidak menggunakan APD lengkap. Kata kunci: Kecelakaan, Risk Priority Number, Failure Mode And Effect Analysis, Technique Of Operating Review

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:31
Last Modified: 07 Jan 2022 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57359

Actions (login required)

View Item View Item