Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HADITS-HADITS NABI TENTANG TARIAN DAN RELEVANSINYA DENGAN APLIKASI TIKTOK

INDAH NURRAHMI, - (2021) HADITS-HADITS NABI TENTANG TARIAN DAN RELEVANSINYA DENGAN APLIKASI TIKTOK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Hadis-hadis Nabi Tentang Tarian dan Relevansinya dengan Aplikasi TikTok”. Dalam hadits Nabi shallallahu „alaihi wasallam banyak terdapat hadits-hadits tentang menari. Tarian adalah ekspresi jiwa manusia yang di ubah oleh imajinasi dan di beri bentuk melalui media gerak sehingga menjadi bentuk yang simbolis dan sebagai ungkapan si pencipta. Menari adalah suatu hal yang dapat dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan. Pada zaman sekarang terdapat aplikasi yang menyediakan fitur untuk mereka bisa berekspresi diri salah satunya dengan gerakan (menari/ joget). Masalah yang diteliti dalam penelitian ini ialah Bagaimana konsep tarian menurut hadits nabi dan bagaimana relevansinya dengan aplikasi tiktok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam bentuk penelitian kerpustakaan (library research). Hasil penelitian ialah Ulama Hanafiyah, Malikiyah, Hanabilah, dan Al-Qafal dari Syafiiyyah menyatakan tarian dihukumi makruh. Al-Abbi mengatakan, „Para ulama memaknai hadits tarian orang Habasyah bahwa maksudnya (bukan tarian sebagaimana yang kita ketahui) namun sekadar lompat-lompat ketika bermain pedang, dan alat-alat perang mereka.‟ Sehingga sesuai dengan riwayat yang lain yang menyatakan bahwa orang Habasyah bermain-main di dekat Rasulullah shallallahu „alaihi wa sallam dengan alat-alat perang mereka. Relevansinya dengan tiktok ialah bahwa tiktok menyediakan fasilitas untuk orang bisa berekspresi, baik itu dari gerakan (tarian) maupun dari suara. Sayangnya aplikasi tiktok tidak menyediakan fitur agar pengguna lain tidak dapat melihat konten tarian yang di upload, sebagaimana yang kita ketahui bahwa tarian dapat menimbulkan syahwat bagi lawan jenis yang melihatnya maka hukum tarian bagi perempuan itu haram, adapun pendapat lain bahwa perempuan dilarang untuk berlenggak lenggok di depan yang bukan makhramnya, dan dengan memperlihatkan lekuk tubuhnya. Kata Kunci : Hadits, tarian, TikTok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 07 Jan 2022 04:29
Last Modified: 07 Jan 2022 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57306

Actions (login required)

View Item View Item