Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH KOTA PEKANBARU

Nurhadi, - (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPS KELAS VI DI MADRASAH IBTIDAIYAH KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurhadi, (2021): Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Mata Pelajaran IPS kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Kota Pekanbaru Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan E-Modul Berbasis Discovery Learning. Modul elektronik berbasis discovery learning dapat dimaknai sebagai bahan ajar modul yang ditampilkan menggunakan media elektronik.materi yang disajikan di dalam modul adalah fleksible, update, isi atau konten keberkaitan, keshahihan dan mudah digunakan (User Friendly). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis discovery learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman IPS peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Kota Pekanbaru yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini mengembangkan bahan ajar guru dalam mengembangkan bentuk soal untuk tes hasil belajar siswa yang mampu meningkatkan cara berpikir siswa dalam menjawab soal yang membutuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SD di Kota Pekanbaru. Terdapat 10 langkah Penelitian Pengembangan menurut Borg dan Gall dalam Sugiyono, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba produk, (9) revisi produk, dan (10) pembuatan produk masal. Berdasarkan hasil penelitian data yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar e-modul yang dihasilkan telah dikembangkan dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono yang meliputi tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Pada tahap validasi produk yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa diperoleh nilai rata-rata dengan kriteria sangat baik.Respon peserta didik dalam uji coba terbatas terhadap e-modul berbasis Discovery Learning diperoleh nilai rata-rata skor 3,64 dengan kriteria sangat Praktis. Kata Kunci :Pengembangan, E-Modul Berbasis Discovery Learning, Meningkatkan Kemampuan Pemahaman, Mata Pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:38
Last Modified: 05 Jan 2022 03:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57291

Actions (login required)

View Item View Item