Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RELEVANSI TUGAS GURU DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005

LIAS, - (2021) RELEVANSI TUGAS GURU DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS LIAS.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lias, (2021): Relevansi Tugas Guru dalam Perspektif Al-Qur’an dengan Undang-Udang Nomor 14 Tahun 2005 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi tugas guru dalam perspektif al-Qur’an dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian perpustakaan (library research). Untuk tugas guru dalam perspektif al-Qur’an menggunakan tafsir maudhu’I, sedangkan tugas guru dalam perspektif Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik analisis data menggunakan content analisys. Hasil penelitian ini ditemukan ada beberapa ayat mengenai tugas guru dalam perspektif al-Qur’an dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 serta relevansinya. Hal ini ditunjukkan dengan hasil yang terdapat dalam surah al-Baqarah (2) ayat 129, A<li-‘Imra>n (3) ayat 79 yaitu Yatlu> ‘alayhim a>ya>tika, yu’allimuhumu al-Kita>ba wa al-H{ikmata, yuzakki>him, rabbaniyyina, tu’allimuna al-Kita>ba dan tadrusu>n. Sedangkan tugas guru dalam perspektif Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi. Adapun relevansi tugas guru dalam perspektif al-Qur’an dengan Undang-Udang Nomor 14 Tahun 2005 yaitu dan yu’allimuhumu al-Kita>ba wa al-H{ikmata sama dengan mengajar, sedangkan rabbaniyyina sama dengan mendidik, membimbing, mengarahkan, dan melatih. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tugas-tugas guru yang ada dalam al-Qur’an pada dasarnya juga ada dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Namun masih banyak ditemukan tugas guru dalam al-Qur’an yang tidak ada ditemukan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 seperti; Yatlu> ‘alayhim a>ya>tika, dan yuzakki>him. Kata Kunci: Relevansi, Tugas Guru, Perspektif Al-Qur’an, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 05 Jan 2022 03:23
Last Modified: 05 Jan 2022 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57278

Actions (login required)

View Item View Item