LIAS, - (2021) RELEVANSI TUGAS GURU DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 14 TAHUN 2005. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
TESIS LIAS.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Lias, (2021): Relevansi Tugas Guru dalam Perspektif Al-Qur’an dengan Undang-Udang Nomor 14 Tahun 2005 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi tugas guru dalam perspektif al-Qur’an dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian perpustakaan (library research). Untuk tugas guru dalam perspektif al-Qur’an menggunakan tafsir maudhu’I, sedangkan tugas guru dalam perspektif Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik analisis data menggunakan content analisys. Hasil penelitian ini ditemukan ada beberapa ayat mengenai tugas guru dalam perspektif al-Qur’an dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 serta relevansinya. Hal ini ditunjukkan dengan hasil yang terdapat dalam surah al-Baqarah (2) ayat 129, A<li-‘Imra>n (3) ayat 79 yaitu Yatlu> ‘alayhim a>ya>tika, yu’allimuhumu al-Kita>ba wa al-H{ikmata, yuzakki>him, rabbaniyyina, tu’allimuna al-Kita>ba dan tadrusu>n. Sedangkan tugas guru dalam perspektif Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 yaitu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi. Adapun relevansi tugas guru dalam perspektif al-Qur’an dengan Undang-Udang Nomor 14 Tahun 2005 yaitu dan yu’allimuhumu al-Kita>ba wa al-H{ikmata sama dengan mengajar, sedangkan rabbaniyyina sama dengan mendidik, membimbing, mengarahkan, dan melatih. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tugas-tugas guru yang ada dalam al-Qur’an pada dasarnya juga ada dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005. Namun masih banyak ditemukan tugas guru dalam al-Qur’an yang tidak ada ditemukan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 seperti; Yatlu> ‘alayhim a>ya>tika, dan yuzakki>him. Kata Kunci: Relevansi, Tugas Guru, Perspektif Al-Qur’an, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 03:23 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 03:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57278 |
Actions (login required)
View Item |