Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN IMAM ABU HANIFAH DAN PEMIKIRAN IMAM SYAFI’I TENTANG HUKUM PENDISTRIBUSIAN ZAKAT FITRAH KEPADA AHLI DZIMMAH

RITA HENTIKA, - (2021) STUDI KOMPARATIF PEMIKIRAN IMAM ABU HANIFAH DAN PEMIKIRAN IMAM SYAFI’I TENTANG HUKUM PENDISTRIBUSIAN ZAKAT FITRAH KEPADA AHLI DZIMMAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Rita Hentika (2021) : Studi Komparatif Pemikiran Imam Abu Hanifah dan Pemikiran Imam Syafi’i tentang Hukum Pendistribusian Zakat Fitrah Kepada Ahli Dzimmah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perbedaan pendapat antara Imam Abu Hanifah dan Imam Syafi’i tentang hukum pendistribusian zakat fitrah kepada ahli dzimmah. Dalam penulisan skripsi ini penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut: Pertama, bagaimana pemikiran Abu Hanifah serta dalil yang digunakan tentang hukum pendistribusian zakat fitrah kepada ahli dhimmah. Kedua, bagaimana pemikiran Imam Syafi’i serta dalil yang digunakan tentang hukum pendistribusian zakat fitrah kepada ahli dzimmah. Ketiga, bagaimana Istinbaht hukum dan analisa dalil yang digunakan Abu Hanifah dan Imam Syafi’i tentang hukum pendistribusian zakat fitrah kepada ahli dzimmah. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum islam, yang dilakukan dengan menggunakan metode library research, yaitu dengan mengambil dan membaca serta menelaah literatur-literatur yang berhubungan dengan penelitian ini. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum skunder dan bahan hukum tersier. Pendekatan yang penulis gunakan dalam penulisan ini adalah dengan menelaah konsep-konsep atau teori-teori yang dikemukakan oleh Imam Abu Hanifah dan Imam Asy-Syafi’i. Selanjutnya menggunakan pendekatan perbandingan hukum, yaitu dengan membandingkan pendapat Imam Abu Hanifah dan Imam Asy-Syafi’i mengenai hukum pendistribusian zakat fitrah kepada ahli dzimmah. Penulis berusaha memaparkan perbandingan dua pendapat yang berbeda yaitu Imam Abu Hanifah dan Imam Asy-Syafi’i yang mempunyai pendapat yang berbeda tentang hukum pendistribusian zakat fitrah kepada ahli dzimmah, Menurut Imam Abu Hanifah boleh memberikan zakat fitrah kepada ahli dzimmah karena menurutnya fakir miskin orang muslim sama dengan fakir miskin orang kafir. Sedangkan pendapat Imam Syafi’i tidak boleh memberikan zakat fitrah kepada ahli dzimmah karena menurut Imam Syafi’i tidak ada satu pun dari khaliffah urrasyidin yang memberikan zakat fitrah kepada orang kafir agar dilunakkan hatinya untuk masuk Islam. Kata Kunci: Imam Abu Hanifah, Imam Asy-Syafi’i, Hukum Pendistribusian Zakat Fitrah kepada Ahli Dzimmah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Mazhab dan Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 04 Jan 2022 02:10
Last Modified: 04 Jan 2022 02:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57237

Actions (login required)

View Item View Item