RENI MELDA, - (2021) PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (459kB) |
Abstract
RENI MELDA (2021) : PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF ISLAM Anak usia dini berada pada masa keemasan (goden age) sebab pada masa ini terjadi perkembangan yang sangat menakjubkan dan terbaik sepanjang hidup manusia. Perkembangan yang menakjubkan tersebut mencakup perkembangan fisik dan psikis. Dari segi fisik anak mengalami perkembangan yang sangat luar biasa, mulai dari pertumbuhan sel-sel otak dan organ tubuh lainnya. Di samping perkembangan fisik, perkembangan psikis juga mengalami hal-hal yang menakjubkan dari kemampuan berinteraksi dengan orangtua sendiri sampai kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia dini menurut para pakar dan perkembangan sosial emosional anak usia dini perspektif Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan atau library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penjelasan perkembangan sosial emosional anak usia dini menurut para pakar bahwa pada dasarnya setiap anak tidak akan terlepas dari perkembangan sosial emosional. Terkadang perkembangan sosial emosional anak sering dikesampingkan oleh orang yang lebih tahu mengenai pendidikan. Oleh karena itu, sebagai pendidik maupun orang tua seharusnya lebih memperhatikan perkembangan anak dimasa dini ini terutama perkembangan sosial emosional anak. Perkembangan sosial yang dini memainkan peranan yang penting dalam menentukan hubungan sosial di masa depan dan pola perilaku terhadap orang-orang lain. Kurangnya kesempatan anak untuk bergaul secara baik dengan orang lain pun juga dapat menghambat perkembangan sosialnya. Perkembangan sosial emosional anak usia dini dalam perspektif Islam pada anak usia dini mengalami kemajuan yang sangat pesat. Peran orangtua dan guru dalam mengembangkan perilaku sosial dan emosional anak ditempuh dengan menanamkan sejak dini pentingnya pembinaan perilaku dan sikap yang dapat dilakukan melalui pembiasaan yang baik. Inilah yang menjadi dasar utama pengembangan perilaku sosial dan emosional dalam mengarahkan pribadi anak yang sesuai dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi. . Kata kunci: sosial emosional, anak usia dini, perspektif Islam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 05 Jan 2022 03:05 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 03:05 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57229 |
Actions (login required)
View Item |