Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK KANDANG AYAM YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG MANIS (Zea mays convar. saccharata Sturt) DI LAHAN GAMBUT

IQBALLUDDIN NASUTION, - (2021) PENGARUH JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK KANDANG AYAM YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL JAGUNG MANIS (Zea mays convar. saccharata Sturt) DI LAHAN GAMBUT. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (47MB) | Preview

Abstract

Upaya peningkatan produksi tanaman jagung manis di lahan gambut dapat dilakukan dengan teknik budi daya seperti dengan pengaturan jarak tanam dan pemberian dosis pupuk kandang ayam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jarak tanam dan dosis pupuk kandang ayam serta mendapatkan interaksi antara jarak tanam dan dosis pupuk kandang ayam yang terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis di lahan gambut. Penelitian ini telah dilaksanakan pada Bulan Februari sampai Mei 2021 di Desa Sialang Kubang, Kecamatan Perhentian Raja, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan acak kelompok (RAK) faktorial yang terdiri dari 2 faktorial dengan 3 ulangan. Faktor pertama yaitu jarak tanam (20 cm x 40 cm, 20 cm x 50 cm dan 20 cm x 75 cm); faktor kedua yaitu dosis pupuk kandang ayam (A0: 0 kg/bedengan, A1: 4,05 kg/bedengan, A2: 6,075 kg/bedengan dan A3: 8,1 kg/bedengan). Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, umur berbunga, bobot tongkol jagung berkelobot per bedengan, bobot tongkol jagung tanpa kelobot per bedengan, bobot basah brangkasan tanaman per sampel dan bobot kering brangkasan tanaman per sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jarak tanam dan pemberian dosis pupuk kandang ayam berpengaruh terhadap bobot tongkol jagung berkelobot per bedengan dan bobot tongkol jagung tanpa kelobot per bedengan. Interaksi antara kedua perlakuan tidak berpengaruh terhadap semua parameter yang diamati. Kesimpulan dari penelitian ini adalah jarak tanam terbaik 20 cm x 40 cm, sedangkan dosis pupuk kandang ayam terbaik 4,05 kg/bedengan dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman jagung manis di lahan gambut. Kata kunci: Zea mays convar. saccharata Sturt., dosis, pupuk, jarak tanam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 31 Dec 2021 03:44
Last Modified: 31 Dec 2021 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57220

Actions (login required)

View Item View Item