Ade Ariandi Saputra (2014) PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS DI MADRASAH ALIYAH SWASTA SE-KOTA PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (22kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (7kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru pendidikan Islam dalam mengelola kelas di Madrasah Aliyah Swasta se-kota pekanabru dan apa fakto-faktor yang mempengaruhinya. Dalam penelitian ini rumusan Masalahnya Adalah: bagaimana profesionalisme guru pendidikan Islam dalam mengelola kelas di Madrasah Aliyah Swasta Se-Kota Pekanbaru ? dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru pendidikan Islam dalam mengelola kelas di Madrasah Aliyah Swasta Se-Kota Pekanbaru? Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar mata pelajaran Pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Swasta Se-Kota Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah profesionalisme guru pendidikan Islam dalam mengelola kelas di Madrasah Aliyah Swasta Se-Kota Pekanbaru. Adapun teknik pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. yaitu penulis turun kelapangan untuk melihat langsung tentang profesionalisme guru pendidikan Islam dalam mengelola kelas di Madrasah Aliyah Swasta Se-Kota Pekanbaru. Rumus yang penulis gunakan untuk mencari persentase adalah : persentase (P) sama dengan frekuensi (F) dibagi jumlah frekuensi (N) di kali 100% atau dengan lambang sebagai berikut: P = FN 100% Berdasarkan rumus di atas, dapat diketahui bahwa profesionalisme guru pendidikan Islam dalam mengelola kelas di Madrasah Aliyah Swasta Se-Kota Pekanbaru termasuk dalam ketegori “baik”, dengan persentase pelaksanaan aspek sebesar 76.25%. Adapun Faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru Pendidikan Islam terdiri dari 2 faktor, yaitu: faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor-faktor pendukung antara lain: mayoritas guru adalah alumni fakultas tarbiyah dan keguruan dan telah memiliki akta empat, rata-rata guru telah memiliki pengalaman mengajar di atas lima tahun, seluruh guru memperhatikan aspek mengelola kelas selama proses belajar mengajar berlangsung, rata-rata guru mengetahui tindakan-tindakan yang dilakukan apabila terjadi gangguan selama proses belajar mengajar berlangsung, dan guru memiliki kesiapan dalam mengajar berupa rancangan pembelajaran dan kesiapan mental dan ini cukup membantu untuk terciptanya kelas yang efektif dan menyenangkan. Adapun faktor-faktor penghambat antara lain: metode yang digunakan guru kurang bervariasi atau monoton, sikap dan perilaku siswa yang bervariasi menjadi kendala yang berarti dalam menciptakan suasana kelas yang ideal, jarangnya suvervisi yang di lakukan oleh kepala sekolah, kurangnya perhatian DEPAG dan lembaga terkait terhadap guru-guru pendidikan Islam untuk mengadakan seminar, workshop dan pelatihan tentang bagaimana cara mengelola kelas yang baik dan keterbatasan buku paket yang dimiliki oleh para siswa
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 28 Jun 2016 04:55 |
Last Modified: | 28 Jun 2016 04:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5722 |
Actions (login required)
View Item |