Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 7 PEKANBARU

NEVI AFNITA, - (2021) PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NEVI AFNITA.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nevi Afnita, (2021) : Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Memotivasi Belajar di Masa Pandemi Covid-19 Penelitian layanan bimbingan dan konseling bermaksud untuk mengetahui bagaimana peran guru bimbingan konseling dalam memotivasi belajar siswa di masa pandemi Covid-19 dan faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru bimbingan konseling dalam memotivasi belajar siswa di masa pandemi Covid-19. Adapun jenis penelitian ini yaitu deskriptif Kualitatif. Penelitian dilaksanakan di sekolah menengah kejuruan negeri 7 pekanbaru. Informan dalam penelitian ini adalah satu orang guru bimbingan konseling, satu orang guru wali kelas, satu orang guru mata pelajaran dan empat orang siswa. Teknik pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru bimbingan dalam memotivasi belajar di masa pandemi Covid-19 yaitu dengan memberikan layanan informasi dengan materi memahami cara belajar diri sendiri, layanan bimbingan klasikal kepada siswa materi motivasi belajar dimasa pandemi dan belajar efektif dan efisien melalui aplikasi zoom dan memberikan layanan konseling individu serta home visit, dan membangun kerjasama dengan guru wali kelas dan guru mata pelajaran untuk memotivasi belajar siswa. Selanjutnya faktor-faktor yang mempengaruhi peran guru bimbingan konseling dalam memotivasi belajar siswa di masa pandemi Covid- 19 adalah sebagai berikut, a. faktor pendukung yaitu pendidikan guru bimbingan konseling, pengalaman guru bimbingan konseling, fasilitas wifi di ruangan bimbingan dan konseling dan paket internet yang diberikan kepada siswa, b. faktor penghambat yaitu kurangnya keterbukaan siswa dan terbatasnya jarak dan waktu. Kata Kunci : Peran Guru Bimbingan Konseling, Memotivasi Belajar Siswa, Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Dec 2021 08:28
Last Modified: 30 Dec 2021 08:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57214

Actions (login required)

View Item View Item