Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE KECAMATANTAMBANG KABUPATEN KAMPAR

KHAIRIATI, - (2021) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI SE KECAMATANTAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS KHAIRIATI.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Khairiati, (2021): Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri se Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri se Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini berdasarkan pada masalah rendahnya prestasi belajar siswa. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik analisa correlational. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri se Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Sebanyak 510 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin yakni sebanyak 224 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket yang dianalisis menggunakan regresi berganda yaitu Y = a + b1X1+b2 X2.Hasil analisis menunjukkan nilai R2(koefisien determinasi) atau R Square sebesar 0.568 atau 56,8%. Nilai ini dapat diartikan bahwa perubahan prestasi belajar siswa oleh perubahan nilai variabel pembelajaran metode mengajar guru dan kemandirian belajar adalah 56,8% sedangkan 43,2% ditentukan oleh perubahan faktor lain yang tidak ada dalam model. Nilai t hitung untuk variabel metode mengajar guru (X1) adalah 23.377 dengan sig 0.000 lebih kecil dari 0.05 ini berarti ada pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar. Nilai t hitung untuk variabel kemandirian belajar (X2) adalah 22.097 dengan sig 0.000 lebih kecil dari 0.05 ini berarti ada pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri se Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kata Kunci : Persepsi Siswa, Metode Mengajar Guru, Kemandirian Belajar, dan Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 30 Dec 2021 07:27
Last Modified: 30 Dec 2021 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57207

Actions (login required)

View Item View Item