Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Analisis Strategi Pemasaran Sepatu Bekas Impor Untuk Meningkatkan Penjualan Pedagang Di Kota Tembilahan Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah”.

Ikhwan Fajri, - (2021) Analisis Strategi Pemasaran Sepatu Bekas Impor Untuk Meningkatkan Penjualan Pedagang Di Kota Tembilahan Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ikhwan Fajri, (2021) : “ Analisis Strategi Pemasaran Sepatu Bekas Impor Untuk Meningkatkan Penjualan Pedagang Di Kota Tembilahan Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah”. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang ada dimana banyaknya persaingan antar usaha di bidang yang sama, menuntut pedagang sepatu bekas impor menentukan strategi pemasaran yang tepat agar usaha dapat bertahan lama dan produk tetap eksis di pasaran. Jika strategi pemasarannya tidak tepat maka akan berimbas kurang maksimalnya laba yang diperoleh, dan akan mengalami kerugian. Tetapi jika strategi pemasarannya sudah diterapkan dengan tepat, maka akan mengalami peningkatakan laba yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan pada pedagang sepatu bekas impor, apa saja faktor pendukung dan penghambatnya serta mengetahui tinjauan ekonomi syari’ah terhadap strategi pemasaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian field research dengan cara menggali data yang bersumber dari lokasi penelitian pada pedagang sepatu bekas impor di kota Tembilaahan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah pedagang sepatu bekas impor sebanyak 30 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif terhadap data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh pedagang sepatu bekas impor di kota Tembilahan dalam meningkatkan penjualan sudah memadai, dengan menerapkan sistem bauran pemasaran Produk, price, place, dan promotion. Produk yang dipasarkan memiliki kualitas baik dan produk yang bervariasi. Harga yang ditetapkan sesuai dengan kualitas barang dan menjaga stabilitas harga, artinya memberikan harga yang sama pada setiap pelanggan tidak ada perbedaan diantara satu dengan lainnya. Promosi yang diterapkan menggunakan 3 cara yaitu: personal selling, Digital Marketing dan Discount produk sudah dilakukan dengan baik dan efektif. Tempat usaha yang strategis dan mudah dijangkau konsumen serta tersedianya lahan parkir namun belum memadai karena masih memakai bagian pinggir jalan. Dalam tinjauan Ekonomi Syariah di simpulkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan sesuai dengan prinsip Islam. Produk yang ditawarkan halal, penetapan harga tidak memberatkan kedua belah pihak dan melakukan promosi dengan jujur, benar, serta bersikap rendah hati dalam melayani konsumen dengan penuh keikhlasan, dan tidak berburuk sangka serta menjelek-jelekan pedagang sepatu bekas impor lainnya dan, lokasi usaha yang sangat strategis dan mudah di jangkau oleh konsumen. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Dec 2021 07:29
Last Modified: 30 Dec 2021 07:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57205

Actions (login required)

View Item View Item