Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF POINT COUNTER POINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA TEMA KERAGAMAN DI NEGERIKU DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 03 PEKANBARU

ERMA RASWANI, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF POINT COUNTER POINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA PADA TEMA KERAGAMAN DI NEGERIKU DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 03 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I-BAB V,,.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe point counter point di kelas IV MI Muhammadiyah 03 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengemukakan pendapat siswa pada muatan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 15 orang siswa kelas IV MI Muhammadiyah 03 pekanbaru. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe point counter point dan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe point counter point dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum dilakukan tindakan hasil kemampuan mengemukakan pendapat siswa hanya mencapai 38,93% atau berada pada kategori kurang baik. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, kemampuan mengemukakan pendapat siswa meningkat menjadi 58,66% atau berada pada kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II, kemampuan mengemukakan pendapat siswa mengalami peningkatan menjadi 85,00% atau berada pada kategori sangat baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe point counter point pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat siswa di kelas IV MI Muhammadiyah 03 pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Dec 2021 05:08
Last Modified: 30 Dec 2021 05:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57188

Actions (login required)

View Item View Item