Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ALGORITMA ECLAT DAN ECOMONIC ORDER QUANTITY UNTUK PENGENDALIAN PERSEDIAAN OBAT PADA APOTEK KLINIK TSABITA PEKANBARU

NOPI AFRIANI, - (2021) PENERAPAN ALGORITMA ECLAT DAN ECOMONIC ORDER QUANTITY UNTUK PENGENDALIAN PERSEDIAAN OBAT PADA APOTEK KLINIK TSABITA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR LENGKAP KECUALI BAB IV ANALISIS DAN HASIL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V ANALISIS DAN HASIL)
BAB IV ANALISIS DAN HASIL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)

Abstract

Apotek Klinik Tsabita merupakan tempat transaksi jual-beli obat baik secara resep maupun non resep. Salah satu bentuk persoalan yang terjadi di Apotek Tsabita Pekanbaru yakni permasalahan manajemen persediaan yaitu persediaan obat yang tidak stabil dan terdapat kekeliruan. Oleh karena itu, supaya kebijakan serta keputusan yang diambil pihak manajemen tepat dan efisien maka salah satu solusinya yaitu dengan menggunakan algoritma Equivalence Class Transformation (ECLAT) dan metode Economy Order Quantity (EOQ). Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan algoritma ECLAT untuk mendapatkan pola transaksi yang digunakan untuk mencari nilai EOQ dan juga bertujuan untuk menentukan jumlah barang yang akan disediakan agar persediaan pada Apotek Tsabita Pekanbaru terjaga, mengetahui waktu pemesanan, dan mengetahui frekuensi pemesanan secara optimal dan eknomis pada periode yang akan datang. Dari 6.683 data transaksi data Januari sampai Desember 2019 yang telah diproses menggunakan algoritma ECLAT didapatlah 6 rule terbaik dengan kombinasi tertinggi yakni Ibuprofen dan Piroxicam dengan nilai Support 1,63% dan Confidence 40,30% dengan nilai Lift Ratio yakni sebesar 5,96. Dari hasil rule yang didapat pada algoritma ECLAT digunakan untuk pencarian nilai EOQ dapat diketahui jumlah item/barang yang dipesan untuk Ibuprofen yakni sebesar 159 strip, frekuensi pemesanan sebanyak 18 kali dengan jarak pemesanan 20 hari. Sedangkan untuk obat Piroxicam direkomendasi jumlah pemesanan sebanyak 158 strip, frekuensi pemesanan sebanyak 20 kali dengan jarak pemesanan 18 hari untuk periode berikutnya. Dengan demikian manajemen persedian barang dan manajemen waktu pada Apotek Tsabita bisa terjaga. Kata Kunci: Apotek, Association Rule, ECLAT, Economy Order Quantity, Persediaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 30 Dec 2021 04:20
Last Modified: 30 Dec 2021 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57177

Actions (login required)

View Item View Item