Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kontekstualisasi Kata La’ib dan Kasb dalam Al Qur’an pada Gamer Profession

ALWI AZHARI HRP, - (2021) Kontekstualisasi Kata La’ib dan Kasb dalam Al Qur’an pada Gamer Profession. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
ALWI AZHARI HRB.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)

Abstract

Permasalahan yang banyak dihadapi masyarakat dari dulu hingga sekarang salah satunya adalah tentang masalah kebutuhan hidup. Apalagi masa sekarang akibat Covid19 yang melanda wilayah Indonesia, banyak dari masyarakat Indonesia yang kehilangan pekerjaan sehingga membuat mereka harus mencari pekerjaan yang baru. Karena pesatnya pertumbuhan game online di Indonesia membuat profesi sebagai gamer akan mendapatkan penghasilan yang besar. Persoalan yang akan diteliti dalam skripsi ini mengenai bagaimana penafsiran Ayat-ayat tentang la’ib dan kasb, danbagaimana kontekstualisasi la’ib dan kasb pada gamer profession. Adapun metode yang nantinya disampaikan dalam skripsi ini adalah dengan langkah metode deskriptif kualitatifyaitu menganalisis data yang telah dikumpulkan kemudian dijelaskan secara terperinci dan sistematis sehingga dapat dianalisis secara utuh dan dipahami secara jelas. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa Mengenai penafsiran Ayat-ayat tentang la’ib dan kasb, pada surah Yusuf ayat 12 dijelaskan bahwa permainan yang dimaksud adalah permainan yang menyenangkan diri dalam koridor yang diperbolehkan artinya tidak berlebihan. Bukan permainan yang dilarang yang bertentangan dengan kebenaran atau syari’at agama islam. Sementara kontekstualisasi la’ib dan kasb pada gamer profession yaitu, menyangkut karakter gamer profession. Karakter gamer profession yang islami berarti memiliki manajemen waktu yang baik, terhindar dari berkata kotor, menjauhi perbuatan maghrib (maysir, gharar, dan riba). Serta tidak lupa bersyukur atas karunia yang diberikan Allah SWT yaitu dengan mengeluarkan infak dan sedekah sebagai pembersih harta. Kata-kata kunci: Kontekstualisasi, Game, Profesi, Tafsir Tematik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:57
Last Modified: 28 Dec 2021 02:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57158

Actions (login required)

View Item View Item