Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Brainstorming untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru.

Ulfa Khoiriyah Siregar, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Brainstorming untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Ulfa Khoiriyah Siregar, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Brainstorming untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup di Kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran Brainstorming dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya 1 orang guru dan 24 orang siswa, dan objeknya adalah model pembelajaran Brainstorming dan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dan pada setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Tekhnik pengumpulan data data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi, dan tekhnik analisis datanya adalah analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan data hasil penelitian, tergambar bahwa model pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Hal ini dapat dilihat dari grafik perkembangannya, dimana sebelum tindakan perbaikan dilakukan nilai rata-rata siswa dalam berpikir kreatif hanya mencapai 60,4 atau tergolong dalam kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 75,20 atau tergolong cukup. Kemudian pada silus II nilai rata-rata siswa meningkat kembali menjadi 83, 12 atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Brainstorming, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:31
Last Modified: 12 Jan 2022 04:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57157

Actions (login required)

View Item View Item