Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI OPERASIONAL GUDANG DI PERUSAHAAN PEMBANGKIT LISTRIK MENGGUNAKAN METODE DISCRETE EVENT SIMULATION (STUDI KASUS : GUDANG UTAMA PLTU TENAYAN RAYA)

Aryo Saputra, - (2021) EVALUASI OPERASIONAL GUDANG DI PERUSAHAAN PEMBANGKIT LISTRIK MENGGUNAKAN METODE DISCRETE EVENT SIMULATION (STUDI KASUS : GUDANG UTAMA PLTU TENAYAN RAYA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File Lengkap (Kecuali BAB IV dan BAB V).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV dan BAB V)
File Hasil Penelitian (BAB IV dan BAB V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di gudang perusahaan operation dan maintenance (O&M) pembangkit listrik di Indonesia. Unit fasilitas ini menangani aktivitas rantai pasok untuk material non produksi. Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa waktu kerja operasional petugas gudang telah melebihi waktu standar sehingga mereka seringkali bekerja di luar waktu operasional. Hal ini juga berdampak pada beberapa pekerjaan yang menumpuk dan juga ketidaksesuaian informasi stok material. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja operasional gudang. Studi ini berfokus pada dua operasi gudang utama yaitu proses penerimaan material dan pengeluaran material. Metode simulasi kejadian diskrit digunakan untuk memecahkan masalah dalam studi kasus ini. Pengukuran kinerja ini dilakukan dengan menggunakan software Arena. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan teknologi RFID dapat membantu kegiatan operasional menjadi lebih baik dengan mempercepat waktu siklus, menigkatkan utilitas dan produktivitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:54
Last Modified: 28 Dec 2021 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57155

Actions (login required)

View Item View Item