Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLATE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU KHAIRUL UMMAH

FISKA ROMANDA, - (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COMPLATE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU KHAIRUL UMMAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I- BAB V...pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa melalui penerapan model pembelajaran complate sentence di kelas VI Sekolah Dasar Islam Terpadu Khairul Ummah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kerjasama siswa, hal ini terlihat dari beberapa hal diantaranya, dari 27 siswa hanya 3 orang yang memberikan informasi kepada kelompoknya dan orang siswa hanya 2 orang dalam kelompok yang berkontribusi dalan menyelesaikan pembahasan dan pembagian tugas. Tidak semua anggota bekerja dengan sungguh-sungguh. Sehingga tugas tidak diselesaikan dengan tepat waktu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 27 orang siswa kelas VI Sekolah Dasar Islam Terpadu Khairul Ummah. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran complate sentence dan kerjasama siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Beradasarkan hasil penelitian, keterampilan kerjasama siswa pada pembelajaran ips sebelum tindakan hanya mencapai 60,92% atau berada pada kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan kerjasama siswa pada siklus I meningkat menjadi 71,75% dengan kategori cukup dan pada siklus II keterampilan kerjasama siswa Kembali meningkat menjadi 78,97% dengan kategori cukup. Maka dapat di ambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran complate sentence dapat meningkatkan keterampilan kerjasama siswa pada mata pembelajaran ips di kelas VI Sekolah Dasar Islma Terpadu Khairul Ummah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:22
Last Modified: 28 Dec 2021 02:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57151

Actions (login required)

View Item View Item