Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PROGRAM KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SE-KELURAHAN SIALANGMUNGGU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 189 PEKANBARU

MUSLIM, - (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SE-KELURAHAN SIALANGMUNGGU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 189 PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian (Bab IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (FILE LENGKAP KECUALI BAB IV)
File Lengkap Kecuali Bab IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Keberadaan Komite Sekolah di setiap jenjang pendidikan Dasar dan Menengah sangat urgen untuk ikutserta berperan meningkatkan mutu pendidikan, termasuk di SDN 189 di Kelurahan Sialangmunggu Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru sebagai objek penelitian ini sebagai wadah yang mewakili masyarakat dirasa belum berperan dengan optimal. Komite Sekolah yang dibentuk pada dasarnya hanya sebagai alat kelengkapan dan kurang memberikan bantuan yang bersifat signifikan terhadap kebutuhan sekolah. Komite Sekolah mengalami kesulitan melakukan kontrol tentang penyelenggaraan manajemen pendidikan di sekolah. Hal ini disebabkan karena pengurus Komite Sekolah belum secara komprehensif memahami manajemen pendidikan berbasis sekolah. Bahkan tidak tertutup kemungkinan bahwa pengurus Komite Sekolah kurang memahami apa sebenarnya peran, fungsi dan tujuan Komite Sekolah. Untuk penelitian ini mengajukan rumusan masalahnya adalah Bagaimanakah Peranan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu PAI di SDN 189 Pekanbaru sesuai dengan Permendikbud RI Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah ? dan faktor-faktor apakah yang mempengaruhi Peranan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu PAI di SDN 189 Pekanbaru ? Untuk penelitian itu digunakan metode kualitatif dengan pengambilan data lapangan (SDN 189 Pekanbaru) melalui informan Kepala Sekolah, anggota Komite Sekolah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan data yang telah disajikan dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif analitik. Temuan hasil penelitian mengindikasikann bahwa Komite Sekolah dalam Meningkatkan Program Mutu PAI di SDN 189 Pekanbaru sesuai dengan Permendikbud RI Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah belum berperan dengan maksimal, karena Komite Sekolah mengalami kesulitan melakukan kontrol tentang penyelenggaraan manajemen pendidikan di Sekolah. Hal ini disebabkan karena pengurus Komite Sekolah belum secara komprehensif memahami manajemen pendidikan berbasis sekolah dan faktor-faktor yang mempengaruhi peranan Komite Sekolah dalam meningkatkan program mutu PAI di SDN 189 tersebut disebabkan oleh pengurus Komite Sekolah kurang memahami apa sebenarnya peran, fungsi dan tujuan Komite Sekolah dengan baik. Kata kunci: Implementasi, Mutu, Komite Sekolah, SDN 189.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
200 Agama
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:17
Last Modified: 28 Dec 2021 02:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57149

Actions (login required)

View Item View Item