Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SHALAT DHUHA BERJAMAAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN PERSPEKTIF HADITS (Studi Living Hadits Di SMP IT Tebuireng 4 Al-Ishlah Desa Kuala Gading, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau)

Dina Mar’ah Afifah, Dina (2021) SHALAT DHUHA BERJAMAAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP PENDIDIKAN PERSPEKTIF HADITS (Studi Living Hadits Di SMP IT Tebuireng 4 Al-Ishlah Desa Kuala Gading, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Shalat Dhuha Berjamaah Dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Perspektif Hadis (Studi Living Hadis Di SMP IT Tebuireng 4 Al-Ishlah Desa Kuala Gading, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau)”. Kegiatan shalat dhuha ini dilakukan secara berjamaah yang dilaksanakan setiap pagi yang dipimpin oleh salah seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman hadis nabi tentang shalat dhuha berjamaah, dan ingin mengetahui sejauh mana pemahaman siswi SMP IT Tebuireng 4 Al-Ishlah terhadap hadis yang menganjurkan shalat dhuha berjamaah dan juga pelaksanaan dan pengaruh shalat dhuha berjamaah bagi kehidupan dan pendidikan siswi SMP IT Tebuireng 4 Al-Ishlah. Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Dengan teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang mengungkapkan praktek lapangan dengan pengaruhnya yang dikontekstualisasi dalam living hadis. Setelah penulis mengadakan penelitian dengan metode di atas dapat penulis simpulkan bahwa dengan pemahaman hadis nabi tentang shalat dhuha berjamaah Shalat sunnah yang utama adalah dilakukan secara munfarid (sendirian) jika memang di sana tidak ada maslahat seperti untuk mengajarkan orang lain. Namun dapat dikatakan bahwa jika shalat sunnah secara berjama’ah dilakukan dalam rangka pengajaran, maka ini dinilai lebih utama, pemahaman siswi SMP IT Tebuireng 4 Al-Ishlah terhadap hadis yang menganjurkan shalat dhuha ini sebagian mereka sudah memahami kandungan hadis tersebut, dikarenakan mereka mampu menjelaskan dan melaksanakan kegiatan shalat dhuha tersebut di SMP IT Tebuireng 4 Al-Ishlah. Pelaksanaan shalat dhuha yang dilakukan oleh SMP IT Tebuireng 4 Al-Ishlah ini sudah berjalan sejak tahun 2015 hingga sekarang. Pengaruh pelaksanaan shalat dhuha berjamaah bagi siswi SMP IT Tebuireng 4 Al-Ishlah ini memiliki 2 pengaruh yang berbeda, yaitu pengaruhnya bagi kehidupan dan pengaruhnya bagi pendidikan. Pengaruh bagi kehidupan yaitu memperoleh rezeki yang tidak disangka-sangka, memudahkan segala urusan, dan menjadi terhindar dari sifat lalai. Selain itu, pengaruhnya bagi pendidikan yaitu menjadi lebih disiplin dan taat dalam peraturan yang ada, menjadi lebih semangat dalam belajar dan menjadi lebih percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Shalat Dhuha Berjamaah, Pendidikan, Hadis, Living Hadis
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.125 Hadits
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 28 Dec 2021 03:04
Last Modified: 28 Dec 2021 03:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57133

Actions (login required)

View Item View Item