Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KOTA BUKITTINGGI DALAM PELAKSANAAN PELATIHAN KERJA PADA MASA PANDEMI BERDASARKAN PERATURAN MENTERI KETENAGAKERJAAN NOMOR 16 TAHUN 2020 TENTANG INDIKATOR KINERJA UTAMA KEMENTERIAN KETENAGAKERJAAN

ANNISA MAYUNI, - (2021) PERAN DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KOTA BUKITTINGGI DALAM PELAKSANAAN PELATIHAN KERJA PADA MASA PANDEMI BERDASARKAN PERATURAN MENTERI KETENAGAKERJAAN NOMOR 16 TAHUN 2020 TENTANG INDIKATOR KINERJA UTAMA KEMENTERIAN KETENAGAKERJAAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Annisa Mayuni (2021) : “Peran Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Bukittinggi Dalam Pelaksanaan Pelatihan Kerja pada Masa Pandemi Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 16 Tahun 2020 Tentang Indikator Kinerja Utama Kementerian Ketenagakerjaan”. Penulisan skripsi ini di latar belakangi oleh diaturnya pelaksanaan pelatihan kerja dalam peraturan Menteri Ketenagakerjaan. Dalam peraturan ini Menteri Ketenagakerjaan membuat program pelatihan kerja yang ditujukan kepada Dinas Ketenagakerjaan yang mana pelatihan kerja ini dilaksanakan setiap tahunnya. Hal ini menjadikan pelatihan kerja sebagai program kerja yang penting dan wajib dilaksanakan oleh Dinas Ketenagakerjaan. Permasalahan dalam skripsi ini adalah apa peran Dinas Ketenagakerjaan dalam pelaksanaan pelatihan kerja dalam masa pandemi, apa kendala yang dihadapi oleh Dinas Ketenagakerjaan dalam pelaksanaan pelatihan kerja pada masa pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja peran Dinas Ketenagakerjaan dalam pelaksanaan pelatihan kerja dalam masa pandemi, bagaimana proses pelaksanaan pelatihan kerja yang dilaksanakan oleh Dinas Ketenagakerjaan. Penelitian yang digunakan adalah sosiologis empiris, yaitu penelitian yang langsung dilakukan langsung di lapangan, sumber yang dipakai berupa sumber data primer yaitu wawancara langsung, sumber data sekunder yaitu buku buku yang berkaitan dengan pelatihan kerja, sumber data tersier yaitu kamus, pembahasan dan analisis menggunakan metode analisis isi (content analysis) Hasil penelitian ini adalah bahwa Dinas ketenagakerjaan sangat berperan penting dalam pelaksanaan pelatihan kerja pada masa pandemi, pelatihan kerja yang dilaksanakan tidak sebanyak yang dilakukan pada tahun sebelumnya yaitu melaksanakan dua macam pelatihan kerja, Pelatihan kerja yang dilakukan yaitu pelatihan kerja tata boga dan pelatihan kewirausahaan. Pelatihan kerja ini bisa dilakukan di luar program tergantung masyarakat yang mengajukan. Pelaksanaan pelatihan kerja pada tahun ini dilakukan berdasarkan protokol kesehtaan covid19, jumlah anggota pelatihan dibatasi karena dikuranginya anggrana untuk kepentingan bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak covid19. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pelatihan kerja ini adalah kurang luasnya fasilitas yang akan digunakan sebagai ruang pelatihan kerja sehingga untuk melaksanakan pelatihan kerja sesuai dengan protokol covid19 sangat berpengaruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Dec 2021 07:41
Last Modified: 27 Dec 2021 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57130

Actions (login required)

View Item View Item