Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG MAGGOT BSF (Hermetia illucens) DALAM RANSUM KOMERSIAL TERHADAP PRODUKTIVITAS PUYUH PETELUR (Cortunix-cortunix japonica)

ANDIKA PANDRA, - (2021) PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG MAGGOT BSF (Hermetia illucens) DALAM RANSUM KOMERSIAL TERHADAP PRODUKTIVITAS PUYUH PETELUR (Cortunix-cortunix japonica). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)

Abstract

ANDIKA PANDRA(2021) : PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG MAGGOT BSF (Hermetia illucens) DALAM RANSUM KOMERSIAL TERHADAP PRODUKTIVITAS PUYUH PETELUR (Cortunix-cortunix japonica) Tepung maggot Black Soldier Fly merupakan salah satu pakan alternatif yang memiliki kandungan nutrien tinggi yang baik untuk puyuh petelur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi tepung maggot BSF dalam ransum komersial terhadap produktivitas puyuh petelur. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juli 2021 di Jalan Mahasantri Blok O No.34, Perumahan Paradise, Desa Sungai Simpang Dua, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 ekor puyuh betina petelur umur 20 hari. Bobot badan awal puyuh petelur berkisar 52,9±8,26 g/ekor. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 4 perlakuan dan 5 ulangan. Setiap unit percobaan terdiri atas 5 ekor puyuh petelur. Perlakuan yang diberikan yaitu P1 (0% tepung maggot BSF sebagai kontrol), P2 (1,50% tepung maggot BSF dan 98,5% pakan komersial), P3 (2% tepung maggot BSF dan 98% pakan komersial), P4 (2,50% tepung maggot BSF dan 97,5% pakan komersial). Parameter yang diukur adalah konsumsi ransum (g/ekor/minggu), produksi telur (%), bobot telur (g/butir), dan konversi ransum. Data yang didapat dianalisis menggunakan analisis ragam dan dilakukan uji lanjut menggunakan uji Duncan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa substitusi tepung maggot BSF dalam ransum komersial berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap konsumsi ransum, tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap produksi telur, bobot telur, dan konversi ransum. Konsumsi ransum pada penelitian ini berkisar 153-154 g/ekor/minggu, produksi telur 87,4-89,7%, bobot telur 10,1-10,3 g/butir, dan konversi ransum 2,42-2,45. Kesimpulan dari penelitian ini adalah substitusi 2% tepung maggot BSF dalam ransum komersial dapat meningkatkan konsumsi ransum dan mempertahankan produksi telur, bobot telur, dan konversi ransum. Kata kunci : Bobot telur, konsumsi ransum, konversi ransum, produksi, telur puyuh, tepung maggot black soldier fly

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 27 Dec 2021 07:29
Last Modified: 27 Dec 2021 07:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57128

Actions (login required)

View Item View Item