Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN PADANG LAWAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MUZAKKI

Ismail Marzuki Hsb, - (2021) STRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KABUPATEN PADANG LAWAS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MUZAKKI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Ismail Marzuki Hsb Jurusan : Manajemen Dakwah Judul : Strategi Komunikasi Lembaga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Padang Lawas Dalam Meningkatkan Jumlah Muzakki Penelitian ini dilatarbelakangi dengan tingginya potensi zakat di wilayah Kabupaten Padang Lawas yang diperkirakan mencapai 7 Milyar per tahun. Namun, realisasi penghimpunan zakat masih minim, di mana pada tahun 2019 baru terkumpul Rp. 691.005.882. Maka untuk menyikapi hal tersebut BAZNAS menerapkan strategi komunikasi untuk meningkatkan jumlah muzakki. Strategi komunikasi merupakan perpaduan antara perencanaan komunikasi dan manajemen komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi BAZNAS dalam meningkatkan jumlah muzakki. Jenis penelitian ini penelitian lapangan, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun objek penelitian ini ketua dan para staf BAZNAS Kabupaten Padang Lawas. Teknis pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan tiga metode yaitu induksi, deduksi dan tringulasi data. Berdasarkan analisis yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa strategi komunikasi BAZNAS Kabupaten Padang Lawas dalam meningkatkan jumlah muzakki terdiri dari empat tahapan. Pertama menentukan sasaran komunikasi berupa penentuan target atau pengelompokan, kedua sosialisasi berupa penyampaian informasi kepada masyarakat, ketiga motivasi dan pemahaman berupa penyampaian hikmah berzakat serta suatu arahan-arahan tentang kewajiban muzakki dan yang keempat pengukuran rumusan strategi yaitu untuk mengetahui hasil akhir dari kegiatan yang telah dilaksanakan. Kata kunci : Strategi Komunikasi, Muzakki dan BAZNAS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 21 Dec 2021 07:25
Last Modified: 21 Dec 2021 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/57009

Actions (login required)

View Item View Item