Rizatul Hasanah,, - (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BILANGAN KELAS VII SMP/MTS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (943kB) |
||
|
Text
Skripsi kecuali Bab 4.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Rizatul Hasanah, (2021) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Kelas VII SMP/MTS Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis problem based learning (PBL) pada materi bilangan untuk kelas VII SMP/MTs yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Kabupaten Kepulauan Meranti. Subjek penelitian ini adalah para ahli yang merupakan ahli materi dan ahli teknologi pendidikan yang berasal dari dosen dan guru serta siswa sebagai subjek uji coba kelompok kecil. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis problem based learning pada materi bilangan kelas VII SMP/MTs. Desain penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu uji validitas menggunakan lembar validasi instrumen dan lembar validasi LKS, untuk uji kepraktisan menggunakan angket, untuk uji efektivitas menggunakan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian data kualitatif dan data kuantitatif. Pada proses validasi yang telah dilakukan dengan memberikan intrumen dan perangkat kepada tim validator dan mendapat beberapa komentar dan penilaian yang menyatakan valid untuk ujicobakan, LKS berbasis problem based learning dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 88,04%. Pada proses uji kepraktisan yang dilakukan dengan penyebaran LKS dan angket kepada 6 orang siswa kelas VII MTs Negeri 1 Kabupaten Kepulauan Meranti, LKS berbasis problem based learning dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kepraktisan 90,00%. Sedangkan untuk kelompok terbatas dan efektivitas tidak dapat dilakukan karena sekolah tidak melaksanakan proses belajar mengajar diakibatkan wabah covid-19. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat digunakan guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi bilangan dikelas. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Problem Based Learning, Bilangan, Operasi Bilangan Bulat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 20 Dec 2021 03:59 |
Last Modified: | 20 Dec 2021 03:59 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56996 |
Actions (login required)
View Item |