Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN JARING PENGAMAN SOSIAL DI MASA PANDEMI COVID-19 OLEH DINAS SOSIAL KABUPATEN ROKAN HILIR

GILANG BINARIO, - (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN JARING PENGAMAN SOSIAL DI MASA PANDEMI COVID-19 OLEH DINAS SOSIAL KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V (PEMBAHASAN).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (657kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Rokan Hilir yang mana bertujuan untuk menggambarkan bagaimana program jaring pengaman sosial khususnya di masa pandemi Covid-19 di Rokan Hilir yang telah berlangsung cukup lama serta untuk mengetahui program-program bantuan yang telah disalurkan kepada masyarakat yang terdampak. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu suatu analisa yang memberikan gambaran terperici berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan metode ini penulis menguraikan serta mengaitkan dengan teori dan memberikan keterangan yang mendukung menjawab masing-masing indikator, serta memberikan interpretasi terhadap hasil yang relevan dan diambil kesimpulan serta saran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kebijakan jaring pengaman sosial di masa pandemi covid-19 oleh Dinas Sosial Kabupaten Rokan Hilir dilihat dari indikator mulai dari pelaksanaan, pertanggungjawaban dan pengawasan, pemantauan serta evaluasi telah berjalan dengan baik namun masih perlu perbaikan pada beberapa hal terutama dalam hal ketidaksesuaian dan usangnya data penerima bantuan untuk perlindungan sosial sehingga menjadi salah satu penyebab penyaluran lambat, masih kurang jelas dalam memetakan sasaran kelompok masyarakat, yaitu masyarakat miskin dan kelompok rentan, atau juga termasuk kelompok menengah ke bawah lainnya yang juga sebetulnya sangat banyak terdampak sehingga banyak menimbulkan ketidakpuasan di masyarakat, kurangnya kesadaran memiliki dokumen kependudukan yang lengkap padahal seharusnya berhak mendapatkan bantuan karena dokumen kependudukan masih menjadi syarat utama dalam mendapatkan bantuan serta program jaring pengaman sosial dapat membantu masyarakat dalam segi ekonomi di masa pandemi walaupun tidak sepenuhnya tercukupi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 21 Dec 2021 07:28
Last Modified: 21 Dec 2021 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56989

Available Versions of this Item

  • IMPLEMENTASI KEBIJAKAN JARING PENGAMAN SOSIAL DI MASA PANDEMI COVID-19 OLEH DINAS SOSIAL KABUPATEN ROKAN HILIR. (deposited 21 Dec 2021 07:28) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item