Subur, - (2021) Implementasi metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMP Islam Kota Batam. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Subur (2021): Implementasi metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMP Islam Kota Batam. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran objektif dan komprehensif tentang: Implementasi metode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMP Islam Kota Batam dan faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskripstif. Informan penelitian adalah guru al-qur’an, kepala sekolah dan wakil kurikulum. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan melalui tiga tahap yaitu,reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa. 1) Implementasi metode Ummi dalam Pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMP Kota Batam dengan tiga tahap; a) Tahap Persiapan, merupakan langkah awal yang di persiapkan guru mulai dari silabus, RPP, alat peraga maupun media yang digunakan untuk proses pembelajaran sehingga tercapai tujuan yang ditetapkan dalam kurikulum; b) Kegiatan pembukaan/ Apersepsi, Keagiatan Klasikal/Penyampaian Materi, kegiatan evaluasi dan kegiatan Penutup; c) Proses evaluasi dalam 3 cakupan, pertama dilaksanakan saat awal pembelajaran (pertemuan pertama) guna untuk mengukur kemampuan membaca Al-Qur’an santri, serta untuk mengelompokkan kedalam kelompok belajar metode Ummi, kedua saat proses pembelajaran metode Ummi, dan ketiga setelah pembelajaran metode Ummi (Ujian) yang dilaksanakan dipertemuan terakhir; Faktor pendukung Implementas imetode Ummi dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di SMP Islam Kota Batam. Adapun factor pendukung yaitu; a) kemampuan baca AlQurasiswa; b) motivasi siswa membaca Qur’an; c) media dan alat peraga yang digunakan. Sedangkan factor penghambat yaitu; a) kualitas menyerap anak; b) kurangnya buku Ummi; c) waktu yang terbatas; c) median dan alat peraga yang digunakan. Kata Kunci: Implementasi, metode Ummi, Membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 22 Dec 2021 04:04 |
Last Modified: | 22 Dec 2021 04:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56983 |
Actions (login required)
View Item |