Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pendidikan Tauhid Dan Tasawuf Dalam Kitab Sullam AT Taufiq Karya Abdullah Bin Husen Bin Tohir Bin Hasyim Ba’alawi (Suatu Analisis Pemikiran Pendidikan ).

Mohamad Safiq Maulana, - (2021) Pendidikan Tauhid Dan Tasawuf Dalam Kitab Sullam AT Taufiq Karya Abdullah Bin Husen Bin Tohir Bin Hasyim Ba’alawi (Suatu Analisis Pemikiran Pendidikan ). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN PDF.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mohamad Safiq Maulana (2021): Pendidikan Tauhid Dan Tasawuf Dalam Kitab Sullam AT Taufiq Karya Abdullah Bin Husen Bin Tohir Bin Hasyim Ba’alawi (Suatu Analisis Pemikiran Pendidikan ). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis apasajakah Nilai- Nilai Pendidikan tauhid dan Tasawuf dalam kitab Sullam Attaufiq karya Syech Abdullah bin Husen bin Tohor bin Hasyim Ba’alawi? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dengan mencari, menghimpun, dan memahami kitab yang menjadi sumber data primer yakni kitab Sullam Taufiq ila Mahabbatillahi, alat Tahqiq, kitab-kitab, buku-buku pendidikan akhlak-tasawuf, jurnal serta informasi dari media internet yang relevan lainnya. Selanjutnya dilakukan penelaahan terhadap berbagai kitab dan buku yang bersangkutan untuk disusun secara sistematis. Sedangkan teknik pengolahan data dilakukan melalui tiga tahap yaitu 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Nilai-nilai pendidikan Tauhid dalam kitab Sullam Taufiq ila Mahabbatillahi ‘alat Tahqiq karya Abdullah Abdullah Bin Husain bin Tohir Ba’alawi adalah mencakup mengenal sifat-sifat yang wajib bagi Allah dan rasul-Nya, beriman kepada Allah yang berhak untuk disembah, nama-namaAllah menunjukkan kesempurnaan-Nya, Allah berkehendak atas segala sesuatu, Allah maha suci dari sifat makhluk, beriman kepada Rasulullah dan beriman atas apa yang telah di kabarkan Rasulullah.; 2) Nilai-nilai pendidikan Tasawuf dalam kitab Sullam Taufiq ila Mahabbatillahi ‘alat Tahqiq karya Abdullah Abdullah Bin Husain bin Tohir Ba’alawi, menerapkan akhlak terpuji diantaranya dengan mengerjakan keimanan kepada Allah dan rasul-Nya, mengikhlaskan niat dalam ketaatan kepada Allah berprasangka baik, tawakkal, dan sabar, kemudian meninggalkan akhlak tercela, diantaranya seperti, sombong, hasad, berbohong, buruk sangka, dan durhaka kepada orang tua. Kata kunci : Nilai, Pendidikan Tauhid, Tasawuf, Kitab Sullam AT Taufiq .

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 28 Dec 2021 01:49
Last Modified: 28 Dec 2021 01:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56982

Actions (login required)

View Item View Item