Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) BERDASARKAN SURAT PERJANJIAN PENGAKUAN HUTANG DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO PADA KEDAI HARIAN OLEH BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG UJUNG BATU

METRIA UTARI, - (2021) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) BERDASARKAN SURAT PERJANJIAN PENGAKUAN HUTANG DALAM RANGKA PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO PADA KEDAI HARIAN OLEH BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG UJUNG BATU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Metria Utari, (2021): Efektivitas Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Berdasarkan Surat Perjanjian Pengakuan Hutang Dalam Rangka Pemberdayaan Usaha Mikro Pada Kedai Harian Oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Ujung Batu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) berdasarkan surat perjanjian pengakuan hutang dalam rangka pemberdayaan usaha mikro pada kedai harian oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Ujung Batu, serta apa saja faktor yang menghambat efektivitas dana kredit usaha rakyat (KUR) pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Ujungbatu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi di Bank BRI Ujung Batu, Jalan Sudirman pasar Ujungbatu kabupaten Rokan Hulu. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, dan pembagian angket. Data dari penelitian ini terdiri dari data primer (Account Officer BRI) dan data sekunder (Buku-buku) yang kemudian dianalisa menggunakan analisa kualitatif. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan bahwa Penyaluran Kredit Usaha Rakyat oleh PT. BRI Ujung Batu tidak efektif, sekitar 70% masyarakat yang menerima pinjaman Kredit Usaha Rakyat menggunakan modal yang dipinjam untuk kepentingan lain, sehingga pada saat jatuh tempo pembayaran nasabah seringkali tidak membayar dan terlambat membayar. Hal ini juga yang mengakibatkan terjadinya kredit macet. Adapun mekanisme penyelesaian kredit macet dalam program KUR Mikro di bank BRI cabang Ujung Batu adalah melalui upaya non litigasi seperti negosiasi dan mediasi setoran dari debitur kepada bank, melakukan penyelamatan kredit kepada debitur, melakukan penagihan secara berkala kepada debitur, penjualan barang agunan (bagi yang memberikan agunan kepada pihak bank).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Dec 2021 02:35
Last Modified: 20 Dec 2021 02:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56976

Actions (login required)

View Item View Item