Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

WANPRESTASI YANG DILAKUKAN NASABAH DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN WADI’AH DAN MURABAHAH PADA PERSEROAN TERBATAS (PT) PERMODALAN NASIONAL MADANI (PNM) MEKAAR SYARIAH CABANG KAMPAR BERDASARKAN PASAL 1243 KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA TENTANG WANPRESTASI

RATIH PISKAYANTI, - (2021) WANPRESTASI YANG DILAKUKAN NASABAH DALAM PERJANJIAN PEMBIAYAAN WADI’AH DAN MURABAHAH PADA PERSEROAN TERBATAS (PT) PERMODALAN NASIONAL MADANI (PNM) MEKAAR SYARIAH CABANG KAMPAR BERDASARKAN PASAL 1243 KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA TENTANG WANPRESTASI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Ratih Piskayanti, (2021) : Wanprestasi yang dilakukan Nasabah dalam Perjanjian Wadi’ah dan Murabahah Pada Perseroan Terbatas (PT) Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar Syari’ah Cabang Kampar Berdasarkan Pasal 1243 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Tentang Wanprestasi. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh suatu perjanjian Wadi’ah dan Murabahah yang dilakukan oleh PT Permodalan Nasional Madani Mekaar Syari’ah Cabang Kampar dan Nasabah, namun Angsuran dalam suatu usaha hal yang biasa dilakukan oleh pelaku usaha atau nasabah tetapi tidak selalu berjalan dengan baik dan lancar, sehingga sampai pada suatu keadaan berhenti membayar, yaitu suatu keadaan dimana pelaku usaha atau nasabah tidak mampu lagi membayar angsuran-angsurannya yang telah jatuh tempo dan tidak melaksanakan kewajibannya sebagaimana yang diperjanjikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan mengambil lokasi di PT Permodalan Nasional Madani Mekaar Syari’ah Cabang Kampar yang terletak di Dusun Padang Tengah Rt. 002 Rw. 001 Desa Koto Perambahan Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data dari penelitian ini terdiri dari data primer yaitu : Kompilasi Ilmu Hukum dan Hukum Islam dan data sekunder yaitu buku-buku terkait pembahasan pada penelitian ini. Pembahasan dan analisis menggunakan metode analsis kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa faktor yang menjadi penyebab Nasabah wanprestasi adalah faktor ekonomi seperti menurunnya kondisi usaha bisnis dan munculnya kejadian diluar kekuasaan debitur serta upaya yang dilakukan oleh pihak PT PNM Mekaar Syari’ah Cabang Kampar dalam mengatasi Nasabah yang wanprestasi adalah dengan melakukan tanggung renteng bagi Nasabah yang terlmbat dalam membayar pinjaman modal tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Dec 2021 03:22
Last Modified: 22 Dec 2021 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56974

Actions (login required)

View Item View Item