Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEMANDIRIAN BERIBADAH SHALAT FARDHU ANAK DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN RUTINITAS IBADAH PADA ORANGTUA ( Studi Kasus Pada Santri Didikan Subuh Masjid Al-fida' Kota Pekanbaru)

M. Zulfadli, - (2021) KEMANDIRIAN BERIBADAH SHALAT FARDHU ANAK DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN RUTINITAS IBADAH PADA ORANGTUA ( Studi Kasus Pada Santri Didikan Subuh Masjid Al-fida' Kota Pekanbaru). Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
Tesis BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img]
Preview
Text
Tesis Tanpa BAB IV.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK M. Zulfadli (2021) : Kemandirian Beribadah Shalat Fardhu Anak Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Rutinitas Ibadah Pada Orangtua (Studi Kasus Pada Santri Didikan Subuh Masjid Al-Fida’ Kota Pekanbaru) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; (1) pengaruh jenis kelamin terhadap perbedaan tingkat kemandirian beribadah Shalat Fardhu pada anak, (2) pengaruh rutinitas ibadah pada orangtua terhadap tingkat kemandirian beribadah Shalat Fardhu anak, (3) Apakah secara bersama-sama Jenis kelmin dan rutinitas ibadah pada orangtuamemiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kemandirian beribadah Shalat Fardhu anak. Latar belakang dari penelitian ini adalah munculnya venomena dekadensi moral pada kalangan anak yang menimbulkan permasalah social lebih luas. Perilaku beribadah Shalat Fardhu pada anak diasumsikan mampu membetuk karakter moral kerpibadian anak secara signifikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Analisis data penelitian dibantu dengan program statistic SPSS versi 21.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemandirian beribadah anak bila ditinjau dari jenis kelamin berdasarkan hasil uji Ttes diperoleh nilai t= -17.00 dengan signifikansi sebesar 0,00. Variabel rutinitas ibadah orangtua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian beribadah shalat Fardhu anak, ditunjukkan dengan hasil analisis Anova diperoleh nilai F=1.174 dengan tingkat signifikansi 0,283 ( ≥ 0,05). Secara bersama-sama rutinitas ibadah orangtua dan jenis kelamin memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian beribadah shalat Fardhu anak ditunjukkan dengan hasil analisis Anova diperoleh nilai F=1.628 dengan tingkat signifikansi 0,205 ( ≥ 0,05). Kata Kunci : Mandiri Beribadah, Jenis Kelamin, Rutinitas Ibadah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 17 Dec 2021 08:06
Last Modified: 17 Dec 2021 08:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56962

Actions (login required)

View Item View Item