Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISBERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT (DAYA JUANG) SISWA SMP/MTs

NURUL FAHMI HA, - (2020) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATISBERDASARKAN ADVERSITY QUOTIENT (DAYA JUANG) SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL FAHMI HA.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Fahmi HA, (2020): Pengaruh Penerapan Pendekatan Open Ended Problem Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Adversity Quotient (Daya juang) Siswa SMP/MTS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Pendekatan Open Ended Problem terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Adversity Quotient (DayaJuang) Siswa SMP/MTS. Penelitian ini merupakan penelitian Factorial Design dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Kempas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling, dengan sampel terpilih memiliki kesamaan rata-rata sebelum perlakuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan anova dua arah. Untuk hipotesis 1 diperoleh sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan penerapan Pendekatan Open Ended Problem dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional, dengan skor rata-rata antara kedua kelas berturut-turut adalah 45,77 dan 42,97. Untuk hipotesis 2 diperoleh sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki Adversity Quotient tinggi, sedang dan rendah. Dan untuk hipotesis 3 diperoleh sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan Adversity Quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dapat dimanfaatkan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas terutama dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: Pendekatan Open Ended Problem,Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Adversity Quotient (Daya Juang) Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Dec 2021 04:17
Last Modified: 17 Dec 2021 04:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56957

Actions (login required)

View Item View Item