Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MOTIVASI DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 1 TELUK KUANTAN

Kiki Mayasaroh, Kiki (2021) PENGARUH MOTIVASI DAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 1 TELUK KUANTAN. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri (Uin) Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (TESIS GABUNGAN)
TESIS GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa motivasi dan kreativitas belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar mereka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kreativitas belajar Pendidikan Agama Islam terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Teluk Kuantan. Variabel dalam penelitian ini adalah Motivasi Belajar (X1), Kreativitas Belajar (X2), dan Hasil Belajar (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Teluk Kuantan yang berjumlah 209 orang. Penarikan sampel penulis menggunakan teknik proportionated stratified random sampling sebesar 25% dengan jumlah 52 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu dianalisa dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk menganalisanya penulis menggunakan teknik korelasi Regresi Ganda dan bantuan program SPSS Windows for Ver.16. Berdasarkan penyajian dan analisa data maka hasil penelitian ini menunjukkan Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Teluk Kuantan dengan tingkat pengaruhnya 0,112 dan nilai signifikansinya 0,000 lebih kecil dari 0,05 berarti ada korelasi (Ha1 diterima). Kemudian terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas belajar terhadap hasil belajar dengan tingkat pengaruhnya 0,030 dan nilai signifikansinya 0,000 lebih kecil dari 0,05 berarti ada korelasi (Ha2) diterima. Selanjutnya terdapat pengaruh secara signifikan motivasi belajar siswa dan kreativitas belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa di SMP Muhammadiyah 1 Teluk Kuantan dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan nilai R Square sebesar 0,140 atau 14%. Artinya sumbangan pengaruh variabel motivasi belajar siswa (X1) dan kreativitas belajar siswa (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) di SMP Muhammadiyah 1 Teluk Kuantan sebesar 14%. Sedangkan 86% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 27 Dec 2021 07:38
Last Modified: 27 Dec 2021 07:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56944

Actions (login required)

View Item View Item