Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS SEGMENTASI PELANGGAN BERDASARKAN RECENCY, FREQUENCY, MONETARY (RFM) DAN DEMOGRAFI MENGGUNAKAN ALGORITMA DBSCAN

Yosie Juniarti, - (2021) ANALISIS SEGMENTASI PELANGGAN BERDASARKAN RECENCY, FREQUENCY, MONETARY (RFM) DAN DEMOGRAFI MENGGUNAKAN ALGORITMA DBSCAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)

Abstract

Yosie Juniarti (2021) : Analisis Segmentasi Pelanggan Berdasarkan Recency, Frequency, Monetary (RFM) dan Demografi Menggunakan Algoritma DBSCAN Segmentasi pelanggan memberikan pemahaman yang dibutuhkan oleh perusahaan mengenai pelanggan dan membantu dalam mengidentifikasi pelanggan potensial. Selain itu, perusahaan dapat menerapkan strategi bisnis yang tepat bagi setiap pelanggan. Dalam melakukan segmentasi pelanggan, salah satu model yang dapat digunakan adalah Recency, Frequency, dan Monetary. Minimarket 212 Mart merupakan jenis usaha yang bergerak di pasar ritel. Dalam mensegmentasi pelanggannya, minimarket 212 Mart hanya melihat pelanggan potensial dari segi monetary saja. Minimarket 212 Mart belum melihat dari segi frequency dan recency pelanggan, sehingga belum efektif untuk mengidentifikasi pelanggan yang berharga. Tujuan penelitian tugas akhir ini adalah menerapkan strategi Customer Relationship Management dengan menggunakan ketiga variabel RFM dan teknik clustering DBSCAN dalam proses pengelompokkan pelanggan. Dengan nilai Epsilon 0,060 dan MinPts 3 dihasilkan 5 cluster dan 31 data noise dengan nilai Silhouette Index sebesar 0,422. Berdasarkan Rangking RFM, didapatkan cluster 1 merupakan pelanggan dengan kategori Potential Customers, cluster 2, 3, 4, dan 5 termasuk ke dalam kategori Loyal Customers. Setelah diketahui kategori pelanggan, selanjutnya data dianalisis berdasarkan Demografi. Hasilnya didapatkan bahwa pelanggan di minimarket 212 Mart merupakan pelanggan dengan mayoritas berusia 35-44 tahun, berjenis kelamin perempuan, bekerja sebagai dosen, sudah menikah, dan berdomisili di Pekanbaru. Kata Kunci: DBSCAN, Demografi, RFM, Segmentasi Pelanggan, Silhouette Index

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 16 Dec 2021 03:08
Last Modified: 16 Dec 2021 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56943

Actions (login required)

View Item View Item