ANALISIS ASPEK-ASPEK PESIKOLOGI PERKEMBANGAN DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK MENURUT RASULULLAH SAW

Jufri, (2014) ANALISIS ASPEK-ASPEK PESIKOLOGI PERKEMBANGAN DALAM PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ANAK MENURUT RASULULLAH SAW. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FM.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
EM.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Hadis-hadisRasulullah SAW tentang anak menggambarkan bahwa beliau mengajarkan kepada kaum muslimin tentang periode perkembangan anak dan tugas-tugas pendidikan di dalamnya. Misalnya, perintah shalat diberikan oleh orang tua kepada anaknya setelah anak mengetahui mana tangan yang kanan atau yang kiri, atau lebih dikenal sebagai mumayyizdan umur anak mulai diperintahkan shalat adalah ketika mereka berumur tujuh tahun dan umur anak yang boleh diberikan sanksi adalah setelah mereka berumur sepuluh tahun. Dari studi pendahuluan yang peneliti lakukan belum ada penelitian atau karya berupa buku yang menggunakan analisis psikologi perkembangan dalam menjelaskan hadis-hadis tentang pendidikan anak.Padahal, analisis psikologi perkembangan memberikan gambaran tentang pendidikan anak dengan metode dan materi pendidikan yang tepat sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Berdasarkan penjelasan di atas, penulis tertarik menelitinya dalam bentuk tesis dengan judul: Analisis Aspek-aspek Psikologi Perkembangan dalam Pendidikan Anak Menurut Rasulullah SAW. permasalahan dalam penelitian ini akan dibatasi pada:cara mendidik anak menurut Rasulullah SAW, dan aspek-aspek psikologi perkembangan dalam pendidikan anakmenurut Rasullah SAW.Maka penelitian ini ditujukan untuk mengetahuicara mendidik anak menurut Rasulullah SAW, dan aspek-aspek psikologi perkembangan dalam pendidikan anak menurut Rasullah SAW. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi perpustakaan (library research) Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara mengumpulkan data primer yaitu buku-buku hadis yang memuat tentang pendidikan anak. Data sekundernya adalah buku-buku yang memiliki keterkaitan dalam penelitian tesis ini. Kemudian, data-data tersebut ditelaah, dikutip dan diklafikasikan serta disusun secara utuh untuk menjawab permasalahan.Penulis mengadakan analisis data yang bersifat analitik. Setelah data yang berhubungan dengan penelitian ini terkumpul, selanjutnya penulis menyusun dan menganalisa data-data tersebut dengan menggunakan metode deskriptif analitik. Berdasarkan penelitian ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut; pertama, cara mendidik anak menurut Rasulullah SAW dapat dilihat dari berbagai hadits. Hadits tersebut dapat dikategorikan kepada dua; 1) Hadits yang tidak menyebutkan waktu atau umur anak secara rinci. 2) Hadits yang menyebutkan waktu atau umur anak secara rinci, baik secara eksplisit atau pun implisit. Kedua, kelompok hadits kedua bila ditinjau dari psikologi perkembangan menggambarkan tahapan perkembangan anak dan sebagian tugasnya. Tahapan yang dimaksud adalah masa prakonsepsi, masa bayi/kanak-kanak (al-shabi/ al ghulam/al-thilf), masa praremaja (mumayyiz), masa remaja (muhtalim). Dan menurut Rasulullah SAW, materi pendidikan anak yang diberikan mesti disesuaikan dengan tahapan perkembangan tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 155 Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 28 Jun 2016 03:00
Last Modified: 28 Jun 2016 03:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5694

Actions (login required)

View Item View Item