Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Belajar Pada Materi Sifat Mustahil Allah Di kelas III SDN 032 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru

Sri Muliyanah (2013) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Belajar Pada Materi Sifat Mustahil Allah Di kelas III SDN 032 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131126PAI.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dalam belajar pada materi Sifat Mustahil Allah di kelas III SDN 032 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah keaktifan siswa dalam belajar pada materi sifat mustahil Allah dikelas III SDN 032 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 032 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru tahun pelajaran 2010-2011 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar pada materi sifat mustahil Allah. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa dalam belajar dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan rata-rata persentase keaktifan belajar siswa adalah 44,7%. Pada siklus I (pertemuan 1 dan 2) rata-rata persentase keaktifan siswa kelas III dalam belajar yang diperoleh adalah 49,7%. Artinya keaktifan siswa kelas III dalam belajar belum mencapai 75%. Sedangkan pada siklus II (pertemuan 1 dan 2) meningkat menjadi 76,0% atau telah mencapai 75% sebagai suatu keberhasilan penelitian. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar pada materi Sifat Mustahil Allah Di kelas III SDN 032 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:52
Last Modified: 07 Sep 2016 09:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5692

Actions (login required)

View Item View Item