Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peranan BMT UGT Nusantara Cabang Kampar Dalam Meningkatkan Usaha Pedagang Kaki Lima Pasar Inpres Bangkinang Berdasarkan Pembiayaan Murabahah Ditinjau Menurut Ekonomi Islam”.

FIRMAN FIRDAUS, - (2021) Peranan BMT UGT Nusantara Cabang Kampar Dalam Meningkatkan Usaha Pedagang Kaki Lima Pasar Inpres Bangkinang Berdasarkan Pembiayaan Murabahah Ditinjau Menurut Ekonomi Islam”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Peranan BMT UGT Nusantara Cabang Kampar Dalam Meningkatkan Usaha Pedagang Kaki Lima Pasar Inpres Bangkinang Berdasarkan Pembiayaan Murabahah Ditinjau Menurut Ekonomi Islam”. Latar belakang Penelitian ini yaitu berdasarkan wawancara kepada beberapa pedagang kaki lima pasar inpres Bangkinang tentang peminjaman modal usaha di bank konvensional dimana bank tersebut menetapkan sistem bunga yang terasa berat buat seorang pedagang kecil dan juga pedagang sebelumnya meminjam modal usaha kepada seorang rentenir, dimana rentenir itu menetapkan bunga yang tinggi dan ini membuat usahanya sulit berkembang karena harus mengambalikan uang pinjaman dan bunganya yang bertentangan dengan ajaran isalam karena tidak melakukan pembiayaan murabahah, maka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan BMT UGT Nusantara dalam meningkatkan usaha pedagang kaki lima pasar Inpres Bangkinang berdasarkan pembiayaan murabahah, untuk mengetahui tanggapan nasabah terhadap peranan BMT UGT Nusantara dalam meningkatkan usaha pedagang kaki lima pasar Inpres bangkinang, dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam terhadap peranan BMT UGT Nusantara dalam meningkatkan usaha pedagang kaki lima pasar Inpres Bangkinaang berdasarkan pembiayaan murabahah. Metode yang ditempuh dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data dengan wawancara adapun teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan teknik total sampling yaitu menjadi seluruh populasi menjadi sampel, maka sampel penelitian ini sebanyak 40 orang. Sumber datanya adalah data primer yang diperoleh langsung dari pimpinan dan karyawan BMT UGT Nusantara cabang Kampar, dan pedagang kaki lima pasar Inpres Bangkinang, dan data sekunder yang diperoleh melalui wawancara, kemudian data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa peranan BMT UGT Nusantara cabang Kampar melalui penyaluran dana, melakukan monitoring (pengawasan), dan memberikan motivasi, para pedagang memberikan respon positif terhadap peranan BMT UGT Nusantara dalam meningkatkan usaha pedagang kaki lima pasar Inpres Bangkinang, dan bila ditinjau menurut ekonomi islam peranan BMT UGT Nusantara dalam bentuk penyaluran belum sesuai menurut ekonomi islam dikarenakan bentuk penyaluran dananya berupa uang bukan jual beli barang (murabahah) yang dikatakan oleh BMT UGT Nusantara dan di dalam bertransaksinya tidak menggunakan akad wakalah untuk menghilangkan jual beli uang, walaupun penyaluran dananya berupa uang tunai, melakukan monitoring dan pengawasan, dan memberikan motivasi berdasarkan tujuannya tidak menyimpang dari ajaran agama islam, dan sesuai dengan landasan Al-quran dan Hadist yang menjadi sumber utama hukum islam, karena bertujuan baik yaitu untuk meningkatkan usaha pedagang kaki lima pasar inpres bangkinang. Kata Kunci: BMT, Pedagang kaki lima, Pembiayaan Murabahah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Dec 2021 03:59
Last Modified: 14 Dec 2021 03:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56890

Actions (login required)

View Item View Item