Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING SEBAGAI SARANA PENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KUNDUR KABUPATEN KARIMUN

HARJA SAPUTRA (2013) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING SEBAGAI SARANA PENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KUNDUR KABUPATEN KARIMUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131096PAI.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang berfungsi menyalurkan pesan, sehingga mendorong terjadinya proses belajar. e-learning adalah media pembelajaran yang disampaikan secara elektronik dan komputerisasi melalui jaringan internet atau intranet. e-learning sebagai bagian dari teknologi informasi dalam dunia pendidikan memiliki potensi antara lain sebagai sarana penunjang proses pembelajaran. Media e-learning disajikan dalam bentuk materi, kata-kata, gambar, audio, video, sesuai dengan metode pembelajaran. SMA Negeri 1 Kundur Kabupaten Karimun telah memiliki sarana penunjang pendidikan seperti laboratorium komputer, jaringan WiFi, dan website sekolah. Dalam pengamatan awal, Penulis menemukan bahwa pemanfaatan media pembelajaran e-learning dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media pembelajaran e-learning sebagai sarana penunjang proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kundur Kabupaten Karimun serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan 3 (tiga) teknik pengumpulan data yaitu : 1) wawancara; 2) observasi; 3) dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, analisis data dilakukan sejak awal penelitian dan selama proses penelitian dilaksanakan. Data diperoleh, kemudian dikumpulkan untuk diolah secara sistematis. Dimulai dari wawancara, observasi, mengedit, mengklasifikasi, mereduksi, selanjutnya aktivitas penyajian data serta menyimpulkan data. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran e-learning sebagai sarana penunjang proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kundur Kabupaten Karimun masih rendah, dan faktorfaktor yang mempengaruhi rendahnya pemanfaatan media pembelajaran elearning sebagai sarana penunjang proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kundur Kabupaten Karimun adalah : 1) guru tidak memiliki pengetahuan tentang konsep penggunaan dan pemanfaatan e-learning; 2) guru tidak pernah memperoleh pendidikan dan pelatihan tentang penggunaan elearning; 3) tidak ada sistem dan manajemen pengelolaan komponen / perangkat media e-learning di sekolah; 4) tidak semua materi pelajaran Pendidikan Agama Islam bisa diaplikasikan untuk pemanfaatan media e-learning dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:54
Last Modified: 07 Sep 2016 09:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5685

Actions (login required)

View Item View Item