Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM JUAL BELI BIJI KAKAO DI DESA PADANG ALAI PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH

ELA PRIHARTINI, - (2021) SISTEM JUAL BELI BIJI KAKAO DI DESA PADANG ALAI PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (943kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELA PRIHARTINI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ela Prihartini (2021) : Sistem Jual Beli Biji Kakao di Desa Padang Alai Perspektif Fiqh Muamalah Penelitian skripsi ini membahas tentang sistem jual beli biji kakao di Desa Padang Alai Kecamatan Panti Selatan Kabupaten Pasaman Timur. Judul ini penulis angkat di karenakan dalam sistem jual beli biji kakao terdapat permasalahan yaitu adanya ketidakjelasan pengemasan kakao dalam jual beli dan sistemnya yang tidak sesuai dengan tuntunan syari’at Islam. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem jual beli kakao, bagaimana respon Petani dan Toke terhadap sistem jual beli kakao, dan bagaimana sistem jual beli kakao di Desa Padang Alai Kecamatan Panti Selatan Kabupaten Pasaman Timur perspektif fiqh muamalah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum yuridis empiris yang mana penelitian ini berdasarkan suatu pendekatan yang mengacu pada peraturan-peraturan tertulis untuk kemudian dilihat bagaimana implementasikannya di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, wawancara, Angket/kuisioner, kajian pustaka, dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah dianalisa dengan menggunakan teori metode deskriptif kualitatif. Metode yang menggambarkan atau mengungkapkan fakta yang apa adanya sesuai dengan kenyataan yang diamati, yang ada kaitannya dengan masalah yang dibahas sehingga dapat di ambil kesimpulan secara tepat sesuai dengan pokok permasalahan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem jual beli biji kakao di Desa Padang Alai termasuk kedalam Gharar , yaitu adanya ketidakjelasan yang mengandung unsur kecurangan dan penipuan dalam pengemasan kakao. Praktik sistem jual beli kakao ini adanya penipuan terhadap toke, menurut penulis, dalam melakukan praktek jual beli sebaiknya petani berlaku jujur. Dalam melakukan pengemasan kakao tidak ada kecurangan maupun penipuan terhadap toke dan menjalankan sistem jual beli berdasarkan syariat islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Dec 2021 01:54
Last Modified: 13 Dec 2021 01:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56811

Actions (login required)

View Item View Item