Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KEMAMPUAN GURU MENGIMPLEMENTASIKAN ASPEK PSIKOMOTOR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PERANAP KABUPATEN INDRAGIRI HULU

HELDA SUSANTI (2013) KEMAMPUAN GURU MENGIMPLEMENTASIKAN ASPEK PSIKOMOTOR DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PERANAP KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131078PAI.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi aspek psikomotor dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Peranap dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimanakah kemampuan guru mengimplementasikan aspek psikomotor dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu? dan 2) Apakah Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan guru mengimplementasikan aspek Psikomotor dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu? Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Peranap. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi aspek psikomotor dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan análisis deskriptif. Dengan rumus : X 100 % N F P  Keterangan : P = Angka Persentase F = Frekuensi yang sedang dicari N = Jumlah Frekuensi Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kemampuan guru mengimplementasikan aspek psikomotor dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Peranap tergolong dalam kategori “cukup baik” dengan persentase 56%. Faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi aspek psikomotor dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Peranap adalah tujuan pembelajaran yang dilakukan, pengalaman teoretis (latar belakang pendidikan guru), kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dan peserta didik yaitu keinginan dari dalam dirinya untuk mempraktekan keterampilan yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:53
Last Modified: 07 Sep 2016 09:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5680

Actions (login required)

View Item View Item