Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 7 SIAK KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

EKA PRATIWI (2013) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 7 SIAK KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131077PAI.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara penggunaan strategi crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Siak Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Apakah ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Siak Kecamatan Tualang Kabupaten Siak?” Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tipe one goup pre test-post test design dalam penelitian ini maksudnya adalah sebelum peneliti menerapkan suatu strategi crossword puzzle dalam pembelajaran terlebih dahulu peneliti melakukan pre-test kepada siswa kemudian hasil dari pre-test akan dibandingkan dengan hasil post-test setelah peneliti menggunakan strategi crossword puzzle. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Siak Kecamatan Tualang Kabupaten Siak dan objek penelitian ini adalah strategi crossword puzzle dan hasil belajar siswa. Pengambilan data dalam penelitian ini mengunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan tes t. Berdasarkan hasil penyajian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa strategi crossword puzzle mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil ini diperoleh dari t hitung sebesar 10,19 lebih besar daripada t tabel pada taraf signifikan 5% (2,05) maupun 1% (2,77) atau 10.19 > 2,05 (5%) atau 10,19 > 2,77 (1%). Dari analisis uji t tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sebelum dan setelah penggunaan strategi Crossword Puzzle. Perbedaan ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum digunakannya strategi Crossword Puzzle rata-rata nilai hasil belajar siswa mencapai nilai 71.678 dan setelah mencapai rata-rata nilai hasil belajar sebesar 73.821. Hal ini menunjukkan ada pengaruh antara penggunaan strategi crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 7 Siak Kecamatan Tualang Kabupaten Siak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:53
Last Modified: 07 Sep 2016 09:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5679

Actions (login required)

View Item View Item