HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DAARUN NAJAH TERATAK BULUH KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

MUHAMMAD NUR, (2013) HUBUNGAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DAARUN NAJAH TERATAK BULUH KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131076PAI.pdf

Download (668kB) | Preview

Abstract

Menghafal al-Qur’an merupakan tugas dan tanggung jawab yang sangat besar dan mulia, setiap orang pasti bisa menghafal tetapi tidak semua orang bisa menghafal dengan baik. Berdasarkan studi pendahuluan, pada kenyataannya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits di MTs Daarun Najah Teratak Buluh terutama kelas IX masih dikatakan rendah. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala seperti, ada sebahagian siswa yang intensitas hafalan juz ‘ammanya cukup baik, namun prestasi belajar al-Quran Hadits tidak baik, Ada sebahagian peserta didik yang sulit dalam memahami pelajaran al-Qur’an Hadits yang disampaikan guru, Ada sebahagian peserta didik yang kurang berminat dalam pembelajaran mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kemampuan mengahafal al-Qur’an dengan prestasi belajar pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits siswa kelas IX di MTs Daarun Najah Teratak Buluh Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan subjek penelitian siswa MTs Daarun Najah Teratak Buluh, sedangkan objeknya adalah hubungan kemampuan mengahafal al-Quran dengan prestasi belajar pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan análisis korelasi serial. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat hubungan kemampuan mengahafal al-Qur’an dengan prestasi belajar al-Qur’an Hadits siswa. Hasil penelitian ini diperoleh dari, lebih besar dari pada , baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1% atau 0.345 < 0.557 > 0,449. Dengan demikian Hipotesa alternatif (Ha) diterima atau disetujui, sedangkan Hipotesa Nol (Ho) ditolak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:54
Last Modified: 07 Sep 2016 09:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5678

Actions (login required)

View Item View Item