Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Praktek Penginvestasian Dana Nasabah Asuransi PRULink Syariah PT. Prudential Life Assurance Cabang Pekanbaru

Muhammad Rizko Rizaldo, - (2021) Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Praktek Penginvestasian Dana Nasabah Asuransi PRULink Syariah PT. Prudential Life Assurance Cabang Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GABUNG.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Rizko Rizaldo (2021): Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Praktek Penginvestasian Dana Nasabah Asuransi PRULink Syariah PT. Prudential Life Assurance Cabang Pekanbaru. Penelitian ini di latar belakangi atas dasar PT. Prudential Life Assurance yang beralih dari konvensional ke syariah, yang mana pada salah satu produknya yang paling banyak diminati masyarakat yaitu PRULink. Yang mana awalnya lebih berorientasi bunga dan beralih pada produk yang bebas riba. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini yaitu: bagaimana praktek pengelolaan dana asuransi PRULink Syariah di Prudential Pekanbaru Kecamatan Senapelan dan bagaimana menurut hukum Islam terhadap praktek pengelolaan dana asuransi PRULink Syariah di Prudential Pekanbaru Kecamatan Senapelan. Dan adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tata cara praktek pengelolaan dana asuransi PRULink Syariah di Prudential Pekanbaru Kecamatan Senapelan. Dan juga untuk dapat mengetahui praktek pengelolaan dana asuransi PRULink Syariah di Prudential Pekanbaru Kecamatan Senapelan menurut Hukum Islam. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) selain itu sebagai pelengkap penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Data primer yang diperoleh langsung dari sumbernya, baik melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan juga di lengkapi dengan data sekunder. Dan adapun juga tehnik analisis data dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif yaitu data-data yang berupa informasi dan uraian yang di kaitkan dengan data-data lain untuk memperoleh kejelasan dan kebenaran yang akan menguatkan gambaran yang sudah ada. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat ketahui bahwa dalam praktek pengelolaan dana asuransi PRULink Syariah Prudential Pekanbaru Kecamatan Senapelan setiap nasabah baru pada 2 Tahun pertama premi akan di potong 80% dan menyisakan 20%, lalu pada 3 sampai 5 Tahun kemudian premi dipotong 15% dan menyisakan 85%. Yang mana hal tersebut diberlakukan untuk biaya akuisisi yaitu biaya administrasi, komisi agen dan juga biaya operasional perusahaan, lalu sisanya menjadi dana tabarru’ yang akan dikelola oleh pihak Prudential. Setelah pihak Prudential mengelola dana tersebut setiap tahunnya pihak Prudential melakukan pembukuan dan akan memberitahukan kepada nasabah-nasabahnya dengan transparan. Menurut Hukum Islam selama tidak ada unsur gharar, riba dan maysir maka praktek tersebut sah saja. Oleh karena itu praktek pengelolaan dana PRULink Syariah Prudential Pekanbaru Kecamatan Senapelan telah menjalankan prinsip usahanya sesuai denga fatwa DSN-MUI No. 21/DSN-MUI/X/2001.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 07 Dec 2021 01:55
Last Modified: 07 Dec 2021 01:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56752

Actions (login required)

View Item View Item