Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELEGIUS SISWA DI MTSN PEKANBARU

MUHAMAD FIDRI, - (2021) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELEGIUS SISWA DI MTSN PEKANBARU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BABIV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TESIS MUHAMMAD FIDRI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhamad Fidri.2021 : Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Membentuk Karakter Relegius Siswa di MTsN Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). Karakter religius apa saja yang dikembangkan di MTsN 3 Pekanbaru dan MTs Annajah – Pekanbaru; (2). Bagaimana upayaupaya menginternalisasikan Karakter Religius kepada siswa melalui system manajemen kesiswaan di MTsN 3 Pekanbaru dan MTs Annajah – Pekanbaru dan (3). Bagaimana model Pembentukan karakter religius melalui system manajemen kesiswaan di MTsN 3 Pekanbaru dan MTs Annajah – Pekanbaru.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancanganpenelitian multi situs. Penelitian ini dilakukan dengan tiga (3) teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara dengan jenis wawancara tak berstruktur terarah (unstructured interview),dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan model analisa data interaktif dari Miles dan Huberman, dengan tahap: pengumpulan data, koleksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan credibility, dependability, dan comfirmability.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Nilai-nilai religius yang dikembangkan di MTsN 3 pekanbaru berjumlah 12 nilai dan MTs Annajah berjulmah 10 nilai yang dikategorikan kedalam nilai Illahiyah dan nilai Insaniyyah. Nilai-nilai Illahiyah yang di MTsN 3 pekanbaru yaitu ketaqwaan,muraqabah, keihlasan, istiqomah, kejujuran, dan berjiwa qur’ani. Sedangkan nilai insaniyyah yaitu kesopanan, amanah, tolong menolong, tawasukh (saling menasehati), kebersihan, dan kompetitif. Adapun nilai-nilai Illahiyah di MTs MTs Annajah adalah akhlaqul karimah, ketaqwaan (‘abid),keihlasan, kejujuran,dan cinta qur’an. Sedangkan nilai insaniyahnya adalah kesopanan, kepemimpinan dan tanggung jawab, kebersihan, dan rasa malu (haya’). Adapun sumber nilai-nilai religius yang dikembangkan yaitu bersumber dari ajaran Islam, nilai-nilai pendidikan karakter dari para ahli, dan nilai budaya yang diwariskan. (2). Upaya-upaya internalisasi karakter religius bagi siswa melalui system manajemen kesiswaan di MTsN 3 pekanbaru dan MTs Annajah yaitu melalui 4 (empat) proses, yakni: (1). proses perencanaan dilakukan dengan pemberian pengetahuan / informasi secara teori; (2). Proses pelaksanaan melalui kegiatan ubudiyah maupun ekstrakurikuler; (3). Proses pembiasaan melalui pembentukan budaya religius, (4). dan pengawasan (evaluasi) yang berkelanjutan berupa pemberian kartu monitoring kegiatan ubudiyah maupun ekstrakurikuler serta melalui tawasukh (saling mengingatkan) dengan teladan dan penilaian masyarakat. Dan (3). Model internalisasi karakter religius bagi siswa melalui system manajemen kesiswaan di MTsN 3 pekanbaru dan MTs Annajah yaitu model Organik-Struktural dengan tipe top-down di MTsN 3 pekanbaru dan tipe bottom-up di MTs MTs Annajah yang meliputi 3 tahapan yaitu:(1). Tahap Transformasi Nilai (Moral Knowing),(2).Tahap Transaksi Nilai (Moral feeling/Moral Loving), dan (3). Tahap Transinternalisasi (Moral Doing/ Moral Action). Kata kunci :Karakter Religius, Sistem Manajemen Kesiswaan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 03 Dec 2021 02:56
Last Modified: 03 Dec 2021 02:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56723

Actions (login required)

View Item View Item