Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEWIBAWAAN GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

NURWIDODO (2013) PENGARUH KEWIBAWAAN GURU TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131052PAI.pdf

Download (552kB) | Preview

Abstract

Kewibawaan mutlak dimiliki oleh guru, dengan kewibawaan tersebut guru akan dihormati dan dihargai oleh siswa, karena kewibawaan mencerminkan kepribadian guru itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh kewibawaan guru terhadap aktivitas belajar siswa MTs Negeri 1 Kampar Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs N 1 Kampar Kabupaten Kampar yang berjumlah 286 orang sebagai subjek angket. Sampel dalam penelitian ini diambil dari siswa yang berjumlah 74 orang, yakni dengan mengambil 25% dari masing-masing kelas dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, setelah data di dapatkan melalui angket, maka data tersebut di olah dengan Rumus Pearson yaitu:   2 1 2 1 2 1 2 1 1 ( ) ( ) ( )( ) n X X n Y Y n X Y X Y r i i i i            Berdasarkan hasil pembahasan sebelumnya, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kewibawaan guru dengan aktivitas belajar siswa di MTs N 1 Kampar Kabupaten Kampar. Dapat dilihat dari taraf signifikan 5% (0,504 > 0,235) Ini berarti Ha diterima, Ho ditolak. ro (observasi) = 0,504 bila di bandingkan rt (tabel) pada taraf signifikan 1% (0,504 > 0,306) Ini berarti Ha diterima, Ho di tolak. Artinya semakin baik kewibawaan Guru semakin baik pula Aktifitas belajar sisiwa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:53
Last Modified: 07 Sep 2016 09:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5672

Actions (login required)

View Item View Item