Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Sikap Keagamaan Remaja di Desa Tanjung Kecamatan koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar.

Nisa Sakina, - (2021) Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Sikap Keagamaan Remaja di Desa Tanjung Kecamatan koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nisa Sakina (2021) : Pengaruh Keharmonisan Keluarga Terhadap Sikap Keagamaan Remaja di Desa Tanjung Kecamatan koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan keharmonisan keluarga terhadap sikap keagamaan remaja di desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar, problematika rumah tangga yang dihadapi dalam mencapai keharmonisan diantaranya berupa sikap anak dalam menunjang kedamaian serta cita-cita dari keluarga yang baik, sehingga anak yang merupakan aset dalam keluarga menjadi aspek penting dalam keharmonisan. Salah satu aspek terpenting dalam menggapai hal tersebut adalah dengan memperhatikan sikap keagamaan anak terlebih di usia remaja. Usia yang dipenuhi dengan segala godaan untuk berbuat serta menentukan sikap dalam mencapai kedewasaan. Hal inilah yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tersebut, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara keharmonisan keluarga dengan sikap keagamaan remaja di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskripstif kuantitatif dan lokasi penelitian ini diadakan di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Maka diperoleh jumlah sampel yaitu 43 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan program SPSS (Statistical Product and Servive Solution) 17.0 dengan analisis linier sederhana. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa keharmonisan keluarga (X) berpengaruh terhadap sikap keagamaan remaja (Y) sebesar 0,415% sedangkan sisanya 0,99585% sedangkan koefisien senilai 0,645 dengan nilai interval 0,60 – 0,799 dinyatakan bahwa terjadi hubungan yang kuat antara keharmonisan keluarga dan sikap keagamaan remaja. Hasil persamaan regresi linier yaitu Y = 19.841 + 0.605 X. Koefisien regresi (b) bernilai positif berarti keharmonisan keluarga berpengaruh positif terhadap sikap keagamaan remaja. Pada uji Hipotesis dipengaruhi diperoleh nilai t_hitung > t_(tabel ), yaitu 5.398 > 2.019 sehingga disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima, artinya keharmonisan keluarga berpengaruh signifikan terhadap sikap keagamaan remaja di Desa Tanjung Kecamatan Koto Kampar Hulu Kabupaten Kampar. Kata kunci : Keharmonisan, Keluarga, Sikap Keagamaan Remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 03 Dec 2021 01:28
Last Modified: 03 Dec 2021 01:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56694

Actions (login required)

View Item View Item