Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

POLA KERJASAMA ANTARA NELAYAN DAN PENGUSAHA IKAN SALAI TAMBAN DALAM PENGUATAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA LANJUT KECAMATAN SINGKEP PESISIR KABUPATEN LINGGA PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Saradevhi, Devhi (2021) POLA KERJASAMA ANTARA NELAYAN DAN PENGUSAHA IKAN SALAI TAMBAN DALAM PENGUATAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA LANJUT KECAMATAN SINGKEP PESISIR KABUPATEN LINGGA PROVINSI KEPULAUAN RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)

Abstract

Kerjasama merupakan salah satu bentuk interaksi sosial. Kerjasama adalah suatu bentuk proses sosial, dimana didalamnya terdapat aktivitas tertentu yang ditunjukkan untuk mencapai tujuan bersama dengan saling membantu dan saling memahami aktivitas masing-masing. Penelitian dilatarbelakangi oleh pola interaksi dan kerjasama yang terjadi antar sesama pengusaha ikan salai tamban serta nelayan menjadi daya tarik untuk diteliti mengingat dari hasil jarang sekali terjadinya perselisihan antar sesama pengusaha ikan salai tamban dan nelayan disana, apakah hal demikian juga menjadi salah satu hal yang membuat ekonomi masyarakat disana tidak mengalami peningkatan yang siginifikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana pola kerjasama antara nelayan dan pengusaha ikan salai tamban dalam penguatan ekonomi masyarakat setempat. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pola kerjasama antara nelayan dan pengusaha ikan salai tamban dalam penguatan ekonomi masyarakat. Subjek dari penelitian ini adalah pemilik usaha ikan salai tamban dan nelayan. Serta yang menjadi objeknya adalah pola kerjasama antara nelayan dan pengusaha ikan salai tamban di Desa Lanjut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah 8 orang, yaitu terdiri dari tiga kategori pertama informan kunci 1 orang pemilik usaha ikan salai tamban, informan pendukung berjumlah 3 orang penggiat produksi ikan salai, dan 4 orang nelayan dari produksi ikan salai. Pengumpulan data yang digunakan melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan Hasil Penelitian Pola kerjasama antara nelayan dan pengusaha ikan salai tamban bukan menjadi penyebab tidak berkembangnya perekonomian masyarakat secara signifikan, dan pola kerjasama memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak dalam kerjasama antara pengusaha ikan salai tamban di semua bidang yaitu permodalan, produksi, distribusi dan interaksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Kerjasama, Interaksi dan Penguatan Ekonomi
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:26
Last Modified: 02 Dec 2021 03:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/56687

Actions (login required)

View Item View Item