Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH RANAH PSIKOMOTOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PASIR PENGARAIAN KABUPATEN ROKAN HULU

MUSMULYADI (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH RANAH PSIKOMOTOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PASIR PENGARAIAN KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131023PAI.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya Hasil belajar siswa ranah psikomotor dalam belajar fikih, khususnya pada mater shalat Idain. Adapun gelaja-gejala yang ditemui di lapangan adalah (1) Hasil belajar siswa masih tergolong rendah belum mencapai kriteria ketuntasan minimum ( KKM) yang ditetapkan sekolah yakni 65 % untuk setiap individu. (2) Berdasarkan hasil pengamatan di kelas masih banyak siswa yang belum bisa mempraktekan materi yang sifatnya praktek. (3) Bila diminta untuk maju kedepan, siswa menolak. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu: Bagaimana penggunaan metode demonstrasiuntukmeningkatan hasil belajar fiqih ranah psikomotor pada siswa kelas IV MIN Pasir Pengaraian kabupaten Rokan hulu. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 25 orang terdiri dari 13 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswa perempuan. Sedangkan objeknya adalah Penggunaan metode demonstrasiuntuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: (1) perencanaan/persiapan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi, dan (4) refleksi. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II. Ketuntasan hasil belajar sebelum tindakan 10 orang (40,00%) yang tuntas dan 15 orang (60.00%) yang tidak tuntas. sedangkan setelah tindakan pada siklus I 18 Orang( 72.00%) yang tuntas dan 7 orang ( 28.00%) yang tidak tuntas. dan pada siklus II lebih meningkat lagi yaitu 23 orang (92.00%) yang tuntas, hanya 2 orang (8.00%) yang tidak tuntas atau sekitar 23 orang siswa yang mencapai kriteria ketuntasan inimal ( KKM)yang telah ditetapkan yaitu 65.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:53
Last Modified: 07 Sep 2016 09:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5665

Actions (login required)

View Item View Item