PENGARUH PENERAPAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FURQON KABUPATEN ROKAN HILIR

ERWINTO, (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-FURQON KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
2013_20131013PAI.pdf

Download (683kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Priview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada bidang studi Fikih di MTs Al-Furqon Kabupaten Rokan Hilir. Masalah dalam penelitian ini adalah terdapat adanya kesenjangan apakah ada pengaruh penerapan metode Priview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada bidang studi Fikih terhadap hasil belajar siswa. Dalam hal ini guru hanya monoton dalam mengajar dan masih sedikit yang masih menggunakan metode yang relevan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi serial yang merupakan dua variable yang bersifat ordinal dan interval. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru bidang studi fikih yang berjumlah 3 orang dan siswa MTs Al-Furqon Kabupaten Rokan Hilir yang berjumlah 95 orang siswa. Sedangkan yang menjadi objeknya adalah pengaruh penerapan metode Priview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi terhadap guru fikih kelas VII, VIII dan IX MTs Al-Furqon yang dilakukan lima belas kali untuk memperoleh data tentang pengaruh penerapan metode Priview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada bidang studi Fikih terhadap hasil belajar siswa, wawancara sebagai pendudukung dan penguat data tentang guru Fikih dan dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar hasil belajar siswa. Berdasarkan penyajian dan analisis data, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan. Ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode Priview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil akhir pengolahan data dari lapangan, diperoleh rch = 0,768 lebih besar dari pada “r” product moment, baik pada taraf 1% maupun pada taraf 5% yang berarti 0,267<0,768>0,205. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif dalam penerapan metode Priview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) terhadap hasil belajar siswa. Semakin baik guru melaksanakan metode ini maka akan meningkat hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Surya Elhadi
Date Deposited: 07 Sep 2016 09:53
Last Modified: 07 Sep 2016 09:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/5662

Actions (login required)

View Item View Item